Beranda News Setelah Lombok dan Bali, Nelayan Madura Mulai Manfaatkan mFish

Setelah Lombok dan Bali, Nelayan Madura Mulai Manfaatkan mFish

-

mFishJakarta, Selular.ID – Setelah Lombok dan Bali, sarana digital mFish dari XL kini menghampiri nelayan Madura. Pemerintah Kabupaten Pamekasan mengikat kerjasama guna meningkatkan produktivitas nelayan setempat.

Kerjasama tersebut diwujudkan dengan mengimplementasikan program pemanfaatan sarana digital “mFish” kepada masyarakat nelayan di 6 desa. Tidak kurang dari 110 orang nelayan mendapatkan bantuan paket aplikasi “mFish” tersebut, yang akan langsung dapat dipakai sebagai pemandu dalam menjalani profesi mereka.

Paket mFish sendiri terdiri dari aplikasi, handphone, kartu perdana, dan paket data. Aplikasi mobile-nya diperuntukkan bagi nelayan untuk membantu meningkatan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti antara lain arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, juga lokasi keberadaan plankton. Selebihnya, mFish juga membantu mereka dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan.

Seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan “Desa Broadband” di berbagai penjuru tanah air, Desy Sari Dewi, Vice President East Region XL, mengatakan aplikasi mFish saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali. Karena itu, XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di Madura. Dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan diharapkan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup.

Dalam kerjasama tersebut, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data selama 6 bulan. Paket tersebut berupa handset dengan aplikasi mFish di dalamnya, paket data sebesar 1GB/bulan, serta alat pengisi batere tenaga surga. Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.

Melalui kerjasama ini, Dinas kelautan dan Perikanan setempat juga akan bisa mendapatkan data riil dari nelayan. Data tersebut mencakup harga ikan, serta jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, agar nelayan mampu menggunakan peralatan digital tersebut secara efektif, XL menyediakan pendampingan selama 6 bulan. Akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektivitasnya.

mFish-MaduraSetelah Kabupaten Pamekasan, menyusul segera XL akan menandatangani kerjasama mFish dengan Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Dengan demikian total tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura pada tahap awal ini. XL berharap, penggunaan sarana digital ini akan terus meluas.

Artikel Terbaru