Monday, August 26, 2019
Home Fokus Pasar Game Lokal Lebih Menantang Ketimbang Pasar Luar Negeri

Pasar Game Lokal Lebih Menantang Ketimbang Pasar Luar Negeri

-

agate

Jakarta, Selular.ID – Industri konten lokal, termasuk di dalamnya aplikasi online, diyakini memiliki peluang besar untuk bertumbuh pesat seiring penetrasi smartphone di Tanah Air. Para pengusaha baru yang bergerak di dibidang developer atau pengembang game di Indonesia memang belum banyak. Namun, sejumlah startup yang ada sudah memiliki reputasi yang baik dan nama yang cukup besar.

Bicara bisnis aplikasi pasti tak lepas dari persaingan. Salah satu kendala besar bagi pengembang konten lokal, adalah kemampuan aplikasi mobile lokal bersaing dengan konten asing. Untuk saat ini, kuantitas konten lokal yang muncul akan memperbesar peluang munculnya konten lokal yang berkualitas. Fadilla menjelaskan bahwa justru kendalanya pasar lokal lebih menantang justru dibanding dengan pasar luar.

“Karena game yang masuk ke Indonesia dari luar negeri banyak sekali. Jadi kalau salah pilih segmen di pasar lokal, bisa bersinggungan dengan game-game yang lain yang bisa saja fanbase-nya memang sudah besar,” ujar Fadilla R, Public Relations of Agate Studio, kepada Selular.ID.

Agate Studio sudah menciptakan lebih dari 200 judul game lokal sejak April 2009 silam hingga saat ini, yang telah berada dalam market aplikasi Apps Store dan Google Play.

Koleksi ratusan game sederhana dari Agate Studio kebanyakan memang ditujukan untuk time killing. Hal ini yang kemudian menimbulkan respon positif dari pengguna internet.

“Secara umum (responnya) positif karena Agate inovasinya terus ada,” katanya.

Latest