Tuesday, October 20, 2020
Home News Bocah Kakak-Beradik Ini Jago Bikin Aplikasi

Bocah Kakak-Beradik Ini Jago Bikin Aplikasi

-

Salya (kiri) dan Daulah (kanan)
Salya (kiri) dan Daulah (kanan)

Jakarta, Selular.ID – Teknologi bukan hanya milik orang dewasa. Pengguna gadget cilik pun semakin mengerti akan teknologi. Sebagian berkeinginan untuk tak sekadar jadi pengguna saja, tetapi menjadi pembuat konten untuk perangkat mereka dan anak-anak sebayanya.

Dua bocah Salya dan Daulah adalah salah satu contoh betapa anak kecil juga bisa berkreasi membangun aplikasi, terutama untuk edukasi. Kerjasama kompak keduanya dibuktikan dengan berhasil menyabet juara pertama kategori aplikasi dalam ajang IWIC Kids & Teens Hackathon Coding Competition ke-9, setelah menyelesaikan aplikasi Chicken Farm.

Daulah (12) sang adik lebih mahir dalam hal ‘utak-atik’ coding dan sudah beberapa kali membangun aplikasi, sementara Salya (13) mendapat tugas untuk menuangkan ide dalam bentuk storyboard. Selain otodidak, keahlian Daulah dalam menciptakan aplikasi juga diperolehnya dari proses pembelajaran di Clevio Coder Camp, bahkan saat Ia menduduki kelas 4 SD.

Konsep Chicken Farm ini sebenarnya cukup sederhana. Aplikasi ini berisikan panduan cara beternak ayam, mulai dari membeli kandangnya sampai menetaskan telur. Daulah mengungkapkan bahwa ide awal membuat aplikasi Chicken Farm ini terinspirasi dari pengalaman pribadi keduanya yang memelihara lima ekor ayam di rumah.

“Di halaman belakang ayam kami ada lima ayam: dua ayam kate dan tiga ayam bertelur,” kata siswa kelas VII SMPN 15 Bekasi tersebut, kepada Selular.ID

Kedua kakak-beradik itu mengaku bahwa persiapan untuk menggarap sebuah aplikasi tidaklah mudah, apalagi bila sudah bersinggungan dengan bahasa pemrograman yang banyak. Butuh waktu setidaknya seminggu untuk mengumpulkan seluruh materi. “Senin sampai Jumat Kami fokus di coding. Beberapa kali bila ada kesulitan minta bantuan coach juga,” ujarnya.

Akhir bulan Oktober ini, Daulah dan Salya baru akan mengajukan pendaftaran Chicken Farm untuk dimasukkan ke Google Play Store. Setelah dilempar ke pasaran, keduanya bakal terus mengelola aplikasi ini dengan terus memberikan update terbaru.

“Kami mungkin akan menambah jumlah ayam, kandang, mengganti warna background, dan lain-lain,” jelas Daulah.

Latest