Wednesday, November 20, 2019
Home Devices Wearable Devices Smartwatch Android Sekarang Kompatibel Dengan iPhone

Smartwatch Android Sekarang Kompatibel Dengan iPhone

-

Android-Wear-for-iPhoneJakarta, Selular.ID – Google baru saja memperkenalkan sebuah aplikasi untuk menyambungkan smartwatch Android ke iPhone. Langkah ini diambil dalam upaya meningkatkan penjualan jam tangan pintar yang menjalankan OS Android Wear tersebut.

Sebelumnya, jam tangan berbasis OS Android Wear hanya bekerja dengan smartphone Android. Seperti halnya Apple Watch yang dirancang eksklusif untuk ditambatkan ke iPhone. Dengan aplikasi terbaru Google ini, memungkinkan smartwatch Android terhubung ke iPhone.

Sayangnya, kemampuannya agak berbeda. Bila terhubung ke ponsel Android, smartwatch bisa berkomunikasi dengan semua aplikasi yang terinstal di dalam ponsel. Tapi tidak begitu ketika terkoneksi dengan iPhone. Tidak semua aplikasi di iPhone bisa “akur” alias bisa diakses via smartwatch Andrid meski sudah terkoneksi.

Smartwatch Android dengan aplikasi baru ini bisa saja lebih memikat pemilik iPhone yang enggan merogoh kocek lebih dalam, karena harga smartwatch besutan Apple dinilai lebih mahal. Banderol smartwatch Android Wear saat ini berharga sekitar Rp1 juta sampai Rp5 juta. Sementara smartwatch Apple Watch dihargai mulai Rp4 juta sampai 10 juta.

Kendati Apple terlambat terjun ke pasar smartwatch (dan harganya selangit), namun penjualannya justru meroket setelah rilis bulan April. Sekitar empat juta Apple Watch terjual dalam tiga bulan terakhir (riset Strategy Analitics per Juni).

Sementara penjualan gabungan dari smartwatch Android yang dibuat oleh banyak produsen pada periode yang sama mencapai 600.000 unit saja (pangsa pasar 11%). Untuk penjualan smartwatch Samsung yang menjalankan Tizen meraih pangsa 7,5%.

Google berharap gelombang smartwatch Android Wear berikutnya akan membantu menaikkan pangsa pasarnya. Smartwatch Android yang bisa bekerja dengan iPhone termasuk Asus ZenWatch 2, Huawei Watch, serta LG Urbane.

Smartwatch dengan aplikasi baru dari Google ini akan kompatibel dengan iPhone 5 ke atas, yang sistem operasinya telah diperbarui setidaknya iOS 8.2. (edk)

Latest