Saturday, July 20, 2019
Home News PBB: 60% Penduduk di Muka Bumi Terhubung Internet Tahun 2020

PBB: 60% Penduduk di Muka Bumi Terhubung Internet Tahun 2020

-

internetJakarta, Selular.ID – Meskipun pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 73 juta, namun bicara keseluruhan pengguna internet secara global ternyata masih minim.  Data terbaru dari Komisi Broadband di PBB mengungkap masih banyak orang yang belum terhubung dengan internet.

Dalam laporan yang dirilis Engadget , Broadband Commission United Nation memperkirakan sekitar 57 persen populasi manusia di Bumi tidak terjangkau internet (offline) hingga akhir 2015 nanti. Jumlah tersebut setara dengan 4,2 miliar orang dari seluruh negara.

Untuk negara-negara maju dan berkembang, dalam laporan tersebut menyebutkan, 80% telah terhubung dengan internet. Namun berbanding terbalik dengan pengguna internet di negara-negara miskin, yang hanya 6,7% dapat mengakses internet.

PBB meyakini usaha perusahaan-perusahaan teknologi dunia dalam mengembangkan internet murah, seperti Facebook dan Google, bisa membantu kesenjangan ini. Namun PBB juga mengatakan bahwa perlu usaha dan solusi riil yang lebih komprehensif.

Akses ke internet tentu saja dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi suatu negara. PBB pun mendesak agar negara-negara mulai memikirkan tentang broadband, selain isu-isu seputar kemiskinan dan diskriminasi.

Badan dunia tersebut memprediksi baru pada tahun 2020 mendatang sekitar 60 persen penduduk dunia terhubung dengan internet, terdorong oleh penetrasi smartphone.Jumlah pelanggan data mobile diyakini akan sama jumlahnya dengan pelanggan ponsel reguler pada 2020 mendatang.

Latest