Monday, March 30, 2020
Home News Security Syukur Deh, Indonesia Aman dari Serangan Mobile Banker Trojan

Syukur Deh, Indonesia Aman dari Serangan Mobile Banker Trojan

-

mobile banking
mobile banking

Jakarta, Selular.ID – Teknologi menawarkan kemudahan bagi siapa saja. Khusus di sektor perbankan, teknologi mobile banking membuat siapa saja mudah melakukan transaksi keuangan tanpa perlu ke ATM atau bank, hanya dari perangkat mobile saja. Pengguna bisa mengecek saldo tabungan, transfer uang, membayar rekening listrik, dan sebagainya. Namun di balik segudang fasilitas tersebut, transaksi keuangan melalui mobile banking tetap saja menyimpan resiko.

Terkait dengan kejahatan perbankan via perangkat mobile, menurut Kaspersky Lab, pada kuartal kedua tahun ini terdeteksi 630 mobile banker Trojan di seluruh dunia.

Dalam catatan Kaspersky Lab, ada 10 negara teratas yang telah diserang trojan mobile banker tersebut. Negara dengan pengguna terbanyak yang diserang:
1. Korea Selatan (2,37%).
2. Rusia (0,87%)
3. Uzbekistan (0.36%)
4. Belarus (0,30%)
5. Ukraina (0,29%)
6. Tiongkok (0,25%)
7.Kazakhstan (0,17%)
8. Australia (0,14%)
9. Swedia (0.13%).
10.Austria (0.12%).

Kabar baiknya, Indonesia tidak tercantum dalam daftar 10 besar tersebut. Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager, Kaspersky SEA – Indonesia mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang membuat mobile banker Trojan belum begitu ‘eksis’ menyerang Indonesia.

Pertama, Indonesia belum akrab menggunakan perangkat mobile untuk transaksi, kebanyakan masih lebih memilih untuk ATM Transfer. Adopsi kartu kredit pun masih rendah bila dibandingkan negara tetangga.

Selain itu, banyak pengguna yang juga belum mengerti tentang transaksi online. Seperti alasan di atas, pembayaran ala temu muka alias COD (cash on delivery) masih menjadi favorit di pasar dalam negeri.

Kendati perkembangan mobile banker Trojan masih ‘malu-malu’ namun bukan berarti ancaman bisa dianggap sepele. “Tinggal tunggu waktu karena pengguna Internet banking (memang) belum banyak,” jelas Dony.

Latest