Saturday, May 25, 2019
Home News Startup Banyak Startup Tumbang Karena Alasan Ini

Banyak Startup Tumbang Karena Alasan Ini

-

Startup
Startup

Jakarta, Selular.ID – Startup entrepreneur menjadi salah satu ladang bisnis yang mulai digandrungi. Dengan makin banyaknya success story, membuat banyak orang ingin masuk ke dunia ini. Bahkan bisa diibaratkan setiap harinya selalu ada startup yang lahir ke dunia.

Dari semua startup yang muncul tadi, ada sebagian yang bisa merangkak naik dengan perlahan lalu bisa menghasilkan profit yang cerah. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang akhirnya tumbang karena tidak bisa bersaing dan layanannya kurang mendapat respon pasar secara baik.

Doni Priliandi, Founder Happy5, mengungkapkan bahwa 95 persen penyebab kegagalan di bisnis startup bukan karena ada disebabkan oleh bug (cacat pada program). Kesalahan technical bukan menjadi faktor penyebab terbesar tumbangnya sebuah startup. “(Startup) Gagal bukan karena mereka bikin produk tidak keren. Tapi karena produk mereka tak dipakai di pasaran,” jelas Doni, kepada Selular.ID, saat ditemui di GEPI Office (20/8/2015).

Pria lulusan accounting tersebut memberi contoh bahwa aplikasi Go-Jek yang masih banyak bug saja begitu laris dipakai oleh publik. “Tapi their business like going crazy,” tuturnya.

Terlepas dari harus memiliki produk yang bagus, pelaku startup juga dituntut untuk melihat kondisi pasar yang sedang nge-tren. Para entrepreneur bisa lebih dulu melakukan riset terkait layanan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Startup harus bolak-balik lihat kondisi pasar, kalau perlu tanya langsung ke customer,” kata pria yang selalu tebar senyum tersebut.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest