Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Microsoft Lumia 640 XL: Phablet 3G dengan Kamera Carl Ziess

Microsoft Lumia 640 XL: Phablet 3G dengan Kamera Carl Ziess

-

Lumia-640-XL-work_featSebelum Windows 10 meluncur, Microsoft tetap luncurkan produk-produk andalannya baik dikelas bawah maupun menengah. Meski akan mendapatkan update OS Windows terbaru, Microsoft nampaknya serius dalam membuat phablet. Unggulkan lensa kamera dari Carl Zeiss, smartphone ini siap akomodasi kebutuhan fotografi.

[quote_box_center]Kelebihan
–    Layar luas
–    Kamera 13MP Carl Zeiss
–    Integrasi Office mumpuni

Kekurangan
–    Tidak dibekali koneksi LTE[/quote_box_center]

Desain
Memiliki bentuk yang cukup besar, seperti iPhone Plus 6 atau Nexus 6 dengan bobot 171gram terasa cukup nyaman saat digunakan dengan dengan dua tangan. Memiliki bentuk yang lebar seukuran phablet,penguna mungkin agak aneh untuk menggunakannya dengan satu tangan, namun pada saat membuka halaman dokumen XL, halaman situs, atau foto maka ponsel ini sangat nyaman.

InterfaceMicrosoft membuat smartphone ini dengan siku yang agak membulat. Pada bagian belakang dapat dibuka sehingga anda dapat mengganti baterai dan memasukan SIM card. Pada backcover Anda dapat menemukan tombol volume dan tombo power yang berada disebelah kanan. Untuk backcover sendiri pengguna dapat memilki warna sesuai pribadi mereka.

Seperti pada smartphone lumia lainnya, Microsoft juga menempatkan port jack audio 3.5mm disebelah atas. Dan tombol koneksi microUSB yang tersedia dibagian bawah. Saat memegang smartphone sekelas Microsoft Lumia 640 XL, terasa seperti memegang smartphone murah. Mungkin karena ponsel ini berbobot ringan dan terbuat dari plastik.

Microsoft Windows Phone 8.1 with Lumia Denim
Tidak seperti Lumia 640 LTE, Lumia 640 XL punya layar yang lebih besar, yakni 5.7 inci.namun begitu resolusinya sama-sama 720 x 1280 pixels. Memiliki kedalaman piksel hingga 259 tampilan yang dihasilkan terbilang cukup baik.

MultimediaPada tampilan, Microsoft tentu masih mempertahankan tampilan dari OS Microsoft Windows Phone 8.1 with Lumia Denim yang semakin intuitif, Microsoft terus memperbaiki kemampuan tampilan live tiles dan notifikasi.

Kinerja
Dari sisi kinerja smartphone initelah dibekali dengan chipset prossor Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400, dengan kekuaran Quad-core 1.2 GHz serta GPU dari Adreno 305. Didukung dengan RAM 1 GB  dan memori internal 8 GB, pengguna masih dapat menambahkan kapasitas memori melalui slot eksterna hingga 128 GB.

kinerjaDengan spesifkasi yang dimilikinya, saat Selular menggunakannya ponsel ini cukup responsif. Tidak hanya digunakan dalam bekerja Microsoft Lumia 640 XL juga dapat mengakomodasi pengguna yang suka akan hiburan, seperti bermain game. Game Subway Surfers membuktukan bahwa smartphone ini masih nyaman digunakan sebagai teman hiburan. Tidak hanya itu,beberapa game seperti Zombie and Plant atau StaWars (Rebels) sudah termasuk dalam smartphone lebar ini.

Untuk memuktikan kinerja smartphone yang sebenarnya, kami menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark smartphone ini mampu mendapatkan skor sekitar 11 ribuan. Kami juga sempat mencoba smartphone ini dengan game sekelas Asphalt 8, dengan smartphone ini mampu dijalankan dengan baik tanpa ada kendala atau lag.

Tidak seperti smartphone Android yang relatif lebih boros baterai, di Microsoft lumia 640 XL nampaknya lebih hemat dengan penggunaan standart. Saat digunakan seharian, smartphone dengan kapasitas baterai 3000mAh ini masih menyisakan 25% dari kapasitas baterai.

13MP Carl Zeiss
Fitur kamera merupakan fitur terbaik pada ponsel ini. Dibekali dengan lensa kamera dari Carl Zeiss resolusi 13MP, smartphone ini memiliki kemampuan  untuk dapat mengambil foto dengan kualitas yang baik meski dalam keadaaan Low-light. Tidak hanya itu respon untuk pengambilan foto juga terbilang cepat, sehingga objek dapat ditangkap dengan dengan fokus yang baik.

kameraTerintegrasi dengan lampu LED flash, smartphone ini menambah daya penangkapan kamera dari pancahayaan yang kurang baik. Ditambah lagi dengan aplikasi Lumia Camera yang dibawa dari standart Windows Phone 8.1. aplikasi ini menawaran pengaturan ISO, shutter speed, white balance dan brightness.

Multimedia
Aplikasi pemutar music, karena aplikasi ini dapat mengkategorikan file musik berdasarkan artist, albums, songs, genres atau playlists. Untuk musik playernya sendiri mampu memutar file audio jenis: AAC LC, AMR-NB, GSM FR.

Multimedia2Seperti pada smartphone lumia lainnya smartphone ini masih dibekali dengan beragam aplikasi multimedia seperti: Audio Streaming, Cloud music offline, Cloud music, Media Player, Music Player dan Podcasts. Microsoft juga tidak lupa menyematkan  fitur Radio yang memiliki kemampuan Internet Radio, FM Radio, FM RDS radio.

Untuk membuka file video peggunadapat menggunakan aplikasi video yang mampu memutar file video dengan format seperti H.263, H.264/AVC, MPEG-4, VC-1 dan Windows video. File video dengan frame rate: 30 fps dapat diputar dengan mudah tanpa ada kendala.

Office
Smartphone yang ditargetakan untuk pengguna bisnis ini terbilang cukup mumpuni untuk menangani layanan office Office dan Outlook. Tidak hanya itu, Microsoft juga memberikan tempat penyimpanan gratis untuk pengguna Lumia 640 untuk sebagai tempat penyimpanan cloud.

officeKeuntungan menggunakan smartphone ini adalan integrasi dengan semua layanan yang dimiliki oleh Microsoft, sebut saja Outlook, Skype, Office dan OneDrive yang akan muncul saat penguna memasukan akun Microsoft. Seperti Google Now milik Android atau Siri kepunyaan Apple, Microsoft juga menambahkan Cortana, yang dapat mengendalukan semua pengaturan ponsel seperti jadwal rapat Anda atau lainnya.

Konektivitas
Tidak seperti saudaranya Lumia 640 LTE, smartphone ini tidak dibekali dengan koneksi LTE, akan pengguna masih dapat menggunakan koneksi 3G untuk dapat terkoneksi ke dunia maya.

koneksiSelebihnya untuk terkoneksi ke internet, pengguna dapat menggunaka koneksi data Wi-Fi. Fitur koneksi lain masih tersedia koneksi tanpa kabel Bluetooth atau dengan kabel data microUSB.

Artikel Terbaru