Monday, June 17, 2019
Home Apps Line Webtoon Gelar Sayembara Komikus Lokal Berbakat

Line Webtoon Gelar Sayembara Komikus Lokal Berbakat

-

line
Line Webtoon meriahkan Popcon Asia 2015

Jakarta, Selular.ID – Bagi Anda yang hobi membuat komik, kini ada media baru untuk menyebarluaskan dengan mudah dan cepat. Bukan lewat media cetak, melainkan digital. Salah satu penyedia media masal itu adalah Webtoon dari Line. Aplikasi mobile Webtoon menyediakan beragam komik digital secara gratis bagi pembaca komik. Di satu sisi, Line Webtoon juga memberi kesempatan bagi komikus amatir untuk mempublikasikan karyanya secara mudah dan gratis.

Gina Fiany, Manager Line Webtoon Indonesia, mengatakan bahwa kehadiran Webtoon di Indonesia adalah salah satu upaya dari Line dalam mendukung para komikus amatir untuk mempublikasikan karyanya secara online, yang bisa dinikmati pembaca melalui web dan mobile, melalui PC dan smartphone, atau tablet.

Guna lebih memikat para komikus untuk bergabung dalam platformnya, Line menyelenggarakan program Webtoon Challenge. Yakni ajang sayembara mencari komikus berbakat tanah air. Di sini, para komikus amatir yang ingin unjuk gigi kebolehannya menciptakan serial komik di platform digital, bisa memamerkan karyanya.

“Pra-registrasi sudah dibuka sejak 7 Agustus, tapi ajang Webtoon Challenge baru resmi dibuka pada 15 September. Bagi komikus yang mendaftar sebelum 15 Oktober, akan berkesempatan memenangkan hadiah total Rp170 juta,” ujar alumnus Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB tersebut (7/8/2015).

Pemenang akan diumumkan pada 30 Oktober. Peraih hadiah pertama, akan diangkat menjadi komikus tetap di Webtoon dan akan mendapat “kompensasi” setiap bulan sesuai kontrak.

Meski sudah berstatus komikus tetap, hak cipta komik seutuhnya milik komikus, sehingga sang artis bisa juga mempublikasikannya ke channel lain seperti media cetak.

Apalagi, komikus juga berkesempatan Go Internasional, karena Line Webtoon sudah tersedia di beberapa negara seperti Korea Selatan, Amerika Serikat, Taiwan, dan Thailand.

Juga, komikus bisa melebarkan sayapnya ke bisnis lain seperti adaptasi komik menjadi sebuah film layar lebar atau serial drama televisi, bahkan merchandise.

Gina menekankan bahwa Webtoon Challenge akan berlaku selamanya. “Siapa saja bisa mengunggah karyanya kapan saja, selamanya. Gratis tanpa dipungut dana atau biaya berlangganan,” pungkas Gina.

Di negara asalnya, Korea Selatan, Line Webtoon telah memiliki 140 ribu artis amatir dan 200 artis professional. Di Indonesia, aplikasi sudah tersedia di ponsel Android dan iOS, serta versi web, sejak April 2015, dengan jumlah pengunduh 1,5 juta download dan 3 juta pembaca aktif setiap bulan. Saat ini sudah ada 29 judul komik yang bisa dinikmati pembaca Indonesia dengan dua di antaranya adalah komik lokal berjudul “Si Juki” dan “Piraku x Piraku”.

Latest