Cara Mengisi Baterai Smartphone dengan Cepat

faster-android-battery-charging-tips-500x342Jakarta, Selular.ID – Smartphone merupakan bagian terpenting bagi dalam keseharian. Namun apa jadinya jika smartphone yang Anda bawa kehabisan baterainya saat diluar. Saat ada kesempatan menemukan sumber listrik rasanya ingin mencolokan charger.

Anda tidak pernah tahu kapan mungkin mendapatkan kesempatan waktu yang sedikit sebelum pergi ke luar saat smartphone menampilkan “Battery Low”. Dengan waktu yang terbatas tesebut bagaimana memaksimalkan pengisian ulang baterai smartphone Anda? Berikut adalah tips cara mengisi ulang baterai smartphone dengan cepat.

1. Matikan smartphone Anda saat menggisi atau men-charge baterai

galaxy-note-2-safe-modeJika anda mengisi ulang daya baterai tetap dalam keadaan aktif, smartphone akan membutuhkan waktu yang lebih lama, karena meski Anda tidak menggunakannya, proses sistem yang berjalan secara background akan menguras energy baterai pada saat yang bersamaan. Oleh karenanya menonakifkan smartphone dapat meningkatkan kecepatan pengisian, karena tidak ada energi yang dipakai pada saat pengisian berlangsung.

Namun jika Anda masih memerlukan smartphone dan tidak bisa mematikannya, maka disarankan untuk mensetingnya dalam keadaan “Airplane Mode”. Sebagaimana yang kita ketahui transmisi sinyal dapat menguras cukup banyak baterai dnegan cepat, sehingga Airplane mode akan mencegah hal ini.

Tidak hanya itu Anda bahkan tidak disarankan untuk menjalankan aplikasi yang dapat menghabiskan energi, seperti video game, download atau aplikasi kamera.

2. Gunakan sumber listrik dan jangan mengisi baterai dari USB komputer/laptop

102612-national-hurricane-prep-charge-cell-phones-iphonePort USB charger memberikan energi lebih sedikit untuk smartphone (minimum 5V, 0.5mA), sehingga pengisian ulang daya baterai akan semakin lambat lambat. Untuk itu pastikan untuk mengisi baterai melalui sumber energy yang besat seperti pada dinding rumah atau gedung, dan Jangan mengisi baterai melalui laptop dan komputer yang hanya memberikan asupan energy yang lebih sedikit.

3. Gunakan fitur fast-charging, jika smartphone Anda mendukung

Qualcomm Quick ChargeBeberapa Smartphone saat ini sudah memiliki teknologi dan fitur cepat pengisian, dengan teknologi. Sebut saja teknologi Qualcomm Quick Charge. Dengan fitur smartphone akan memberikan kemampuan pengisian 75% lebih cepat (dibandingkan dengan teknologi biasa). Untuk mengetahuinya daftar smartpohne yang kompatibel untuk teknologi Qualcomm Quick Charge

4. Gunakan kabel data asli, atau gunakan kabel data berkualitas bagus

MicroUSBKabel USB juga dapat mempengaruhi kecepatan pengisian baterai smartphone Anda. Jika Anda memiliki kabel USB murah yang biasanya sangat tipis) ada kemungkinan tidak dapat mengangkat daya yang cukup dari adaptor daya ke ponsel.

Untuk mengurangi biaya produksi, kabel ini biasanya menggunakan logam berkualitas rendah, atau kawat logam sangat tipis, sehingga tidak bekerja dengan baik dengan daya tinggi. Oleh karenanya disarankan agar Anda menggunakan kabel USB yang disertakan pada paket penjualan smartphone . Jika tidak tersedia, Anda harus membeli kabel berkualitas USB baik dari merek terpercaya.