Sunday, October 25, 2020
Home News E-Commerce Kenali Tiga Validasi Keamanan Ini Kalau Mau Buka Usaha Online

Kenali Tiga Validasi Keamanan Ini Kalau Mau Buka Usaha Online

-

ilustrasi e-commerce 4Jakarta, Selular.ID – Sudah menjadi hal mutlak bagi penyelenggara bisnis e-commerce untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan transaksi kepada konsumen. Dalam hal keamanan data, setidaknya pelaku sudah memegang standar validasi dalam sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) untuk melindungi privasi data yang rahasia dan sensitif dari tangan jahil peretas alias hacker.
Edy Budiman, Founder & CEO PT Dewaweb, menyebut bahwa sertifikat SSL terbagi dalam tiga jenis yaitu Domain Validation (DV), Organization Validation (OV), dan Extended Validation (EV). Ketiga standar validasi tersebut berbeda dalam hal harga dan fasilitas.
1. Domain Validation 
Validasi ini paling banyak dipilih oleh pemilik domain situs karena harganya murah, hanya Rp100.000 per tahun. Sistem keamanannya masih minim karena cost ditentukan oleh software yang dipakai. Proses pengajuan Domain Validation sangat cepat, bermodalkan email untuk approval. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit, validasi domain ini sudah bisa diinstal dan kemudian muncul padlock.
2. Organization Validation
Pengecekan keabsahan suatu situs e-commerce bukan hanya via e-mail tapi juga verifikasi yang lebih kompleks. Pihak otoritas bakal mengecek berkas-berkas penting seperti akta perusahaan, rekening listrik, sampai rekening koran. Dengan proses yang lebih rumit, biasanya memakan waktu dari satu sampai dua hari. Harganya lebih tinggi ketimbang validasi domain, yakni Rp2 jutaan per tahun.
3. Extended Validation
Extended Validation merupakan standar validasi tertinggi dari cerfitication authority (CA) terhadap satu organisasi atau perusahaan. EV SSL certificate bakal memunculkan Green Bar beserta nama perusahaan terverifikasi yang telah melalui proses validasi ketat pada address bar. Dengan ciri menonjol tersebut, situs e-commerce yang mengadopsi sistem keamanan ini bisa dipercaya dan ditelusuri. Hal ini akan berimplikasi pada peningkatan angka penjualan pelaku bisnis daring ke depannya.
Harga mengenakan sistem Extended Validation adalah berkisar lebih dari Rp3 jutaan per tahun.
“Pengecekan Extended Validation lebih ketat. Nantinya akan muncul green bar di semua browser, baik mobile maupun dekstop,” ujar Edy.
Dengan standar validasi yang lebih tinggi, Edy menyarankan agar seluruh situs e-commerce sudah memakai Extended Validation dalam menjalankan bisnisnya. Semakin ketat suatu validasi keamanan, maka makin kuat benteng pertahanan suatu sistem terhadap celah pembobolan data.(Ind)

Latest