Beranda News Startup Perkuat Tim, Portal Finansial Cermati Terima Investasi dari East Venture

Perkuat Tim, Portal Finansial Cermati Terima Investasi dari East Venture

-

Tampilan website Cermati.com
Tampilan website Cermati.com

Jakarta, Selular.ID – Startup teknologi yang berfokus di bidang finansial, Cermati, telah menerima pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Venture dan Beenos Plaza. Tanpa menyebut berapa jumlah investasi, pendanaan ini akan digunakan untuk mengembangkan tim dan meningkatkan cakupan produk.

Mengudara sejak April 2015, Cermati.com menjadi website edukasi dan perbandingan produk keuangan untuk Indonesia. Dengan membandingkan beragam produk finansial, konsumen bisa menentukan pilihan produk mana yang paling cocok dengan kebutuhan mereka. Ulasan tersebut bukan hanya mengenai kisaran bunga atau kewajiban yang harus dibayarkan, namun juga mengenai keuntungan yang bisa kita peroleh saat menggunakan produk finansial tersebut. Secara garis besar, ada 3 kategori produk yang diulas oleh Cermati yaitu produk kartu kredit, pinjaman dan simpanan.

Saat ini Cermati mengklaim telah memiliki 270 informasi kartu kredit di Tanah Air. “Kami telah menyiapkan serangkaian produk yang mudah-mudahan bisa dihadirkan lebih cepat dengan perolehan pendanaan ini,” kata Andhy Koesnandar, Co-founder Cermati.

Tantangan dari rendahnya kepemilikan produk perbankan di Indonesia yang masih rendah menjadi tantangan tersendiri bagi startup yang bergerak di layanan finansial. Hasil penelitian McKinsey Personal Financial menunjukkan bila kepemilikan produk finansial di Indonesia lebih rendah bila dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya di Asia Tenggara, yakni di angka 2,3 produk per kapita.

Angka tersebut tentu jauh bila dibandingkan dengan Singapura yang berada di level 7,7 produk per kapita, Malaysia di tingkat 5,4 produk per kapita, dan bahkan masih di bawah Thailand dengan 2,5 produk per kapita. Fakta lain yang tidak kalah mengejutkan adalah sekitar 60 persen penduduk usia dewasa di tanah air masih belum memiliki rekening bank.

Artikel Terbaru