Friday, August 23, 2019
Home Smartphone Colong Start dari Apple, ZTE Pamer Smartphone Pertama dengan Force Touch

Colong Start dari Apple, ZTE Pamer Smartphone Pertama dengan Force Touch

-

ZTE Axon Mini dengan fitur Force Touch
ZTE Axon Mini dengan fitur Force Touch

Jakarta, Selular.ID – Fitur Force Touch sepertinya tak akan tersedia secara perdana di perangkat mendatang milik Apple, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Pasalnya vendor asal Tiongkok, ZTE, sudah menyematkan fitur ini lebih lebih dulu pada smartphone saat ini, Axon Mini.

Force Touch merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan elektroda ukuran kecil di sekitar Retina display fleksibel untuk membedakan adanya sebuah tap ringan dan tekanan lebih (tap & hold). Fitur ini memegang peran paling penting dalam kemampuan sensing di perangkat touchscreen dan dipakai untuk memicu akses instan ke sejumlah kontrol, misalnya pada aplikasi piano. Pengguna bisa mengatur variasi suara sesuai tekanan pada layar. Sebuah sentuhan ringan pada tombol akan mengeluarkan suara lembut, sementara sentuhan keras menghasilkan nada yang jauh lebih keras.

Fitur Force Touch semula bakal disertakan dalam iPhone 6 namun ujicoba yang dilakukan justru menyebabkan masalah kalibrasi sehingga Apple terpaksa menariknya kembali. Kabarnya, Force Touch baru akan diberikan pada generasi iPhone selanjutnya. Teknologi ini pertama kali muncul di Apple MacBook.

Tak banyak informasi terkait spesifikasi ponsel baru ini. Terlepas dari Force Touch, ZTE Axon Mini memiliki ukuran bentang layar Super AMOLED 5.2 inchi. Axon Mini akan datang dalam empat varian warna yakni silver, gold, oranye, dan merah muda. Smartphone ini diharapkan sudah beredar di pasar pada bulan September mendatang.

Berbarengan dengan Axon Mini, perusahaan juga meluncurkan rangkaian produk lain seperti ZTE Axon, Axon Lux, Axon Watch, dan SPro2 smart projector.

Latest