News

Penetrasi Smartphone Bikin IP Address Kian Terbatas

Lugas M. Satrio, President Director Blue Power Technology (Foto: Choi/Selular)

Lugas M. Satrio, President Director Blue Power Technology (Foto: Choi/Selular)

Jakarta, Selular.ID – Seiring makin banyaknya perangkat yang terkoneksi dengan jaringan perusahaan, maka jumlah IP (Internet Protocol) address yang dikelola pun semakin besar, di mana saat ini rata-rata satu karyawan setidaknya butuh tiga IP address untuk perangkatnya, seperti komputer, smartphone dan tablet. Hal ini membuat pengelolaan jaringan secara tradisional tidak lagi kompeten, terlebih bagi perusahaan yang menampung karyawan ribuan orang.

Lugas M. Satrio, President Director Blue Power Technology (BPT), menjelaskan bahwa address di internet terbatas. Implikasi bila ada dua address, tentu tidak akan bisa terkoneksi ke internet.

“IP address itu seperti rumah. Alamat dan nomor rumah tidak boleh samaan,” kata Lugas, saat di temui di sebuah kafe di Senayan City, Jakarta. Yang terjadi saat ini jumlah perangkat lebih besar dari IP, sehingga menyebabkan antrian.

Baca juga :  Sambut HUT Pertama, Genshin Impact Sebar Banyak Hadiah

Untuk pemeliharan sistem jaringan yang kompleks, BPT menggandeng BlueCat Networks dalam pengelolaan jaringan untuk segmen enterprise di Indonesia.

Lugas mengatakan solusi tersebut menyasar semua perusahaan dengan jumlah karyawan lebih dari 10 ribu yang semuanya memiliki urgensi untuk mengakses email, seperti perusahaan telko, perbankan, dan vendor ponsel. Klien BlueCat antara lain Telkomsel, Indosat, Bakri Telecom, Mandiri Syariah, BCA, Sony, Facebook, Oracle, Alfamart, dan masih banyak lagi.

BlueCat sendiri merupakan penyedia DDI (Dynamic Data Interconnected) yang memiliki kemampuan integrasi dengan platform cloud/ virtualization milik VMWare, HP, IBM dan OpenStack.

Perusahaan yang berbasis di Toronto, Kanada, itu juga dilengkapi dengan solusi keamanan BlueCat Threat Protection yang membedakannya dengan perusahaan lain yang menawarkan solusi yang sama.

Baca juga :  Snapdragon 870 Siap Tenagai Realme GT Neo2

BlueCat sudah menangani sebanyak 20 juta IP address di seluruh dunia.

About the author

selular

Leave a Comment