Wednesday, June 19, 2019
Home Apps Waze Uji Coba Layanan Nebeng

Waze Uji Coba Layanan Nebeng

-

Waze-featJakarta, Selular.ID – Pengguna aplikasi Waze pasti familiar dengan tumpukan ikon awan hijau yang berada di satu titik dalam tampilan peta. Kelak, Anda bisa memanfaatkan mereka (pengguna Waze yang memilik kendaraan) untuk nebeng berkomuter ke tempat kerja.

Dilansir Selular.ID dari Reuters (6/7/2015), saat ini Waze tengah menguji coba fitur baru yang memungkinkan penguna Waze bisa memberi tumpangan ke pengguna lain, jika rute yang ditempuh sama. Layanan carpooling dari pemetaan milik Google tersebut sudah mulai diujicobakan di Tel Aviv, Israel.

Layanan yang disebut RideWith ini, tidak datang secara gratis. Layanan akan membebankan sejumlah uang ke penumpang untuk dibayarkan kepada pengemudi, sebagai biaya tumpangan dari dan/atau ke lokasi kerja.

Tentu saja, RideWith akan menggunakan aplikasi pemetaan Waze sebagai navigasi. Secara teori, RideWith akan mempelajari rute seseorang yang paling sering diambil untuk sampai ke tempat kerja, dan calon pemberi tumpangan juga cenderung mengambil rute yang sama.

Saat ini layanan masih sebatas percobaan, tanpa diketahui kapan diluncurkan di negara-negara lain.

Guna menghindari kecaman seperti yang dialami Uber, RideWith memberi batasan kepada pengguna. Setiap pengemudi dilarang  menawarkan tumpangan lebih dari dua kali dalam satu hari. Jadi mereka tidak bisa mendapatkan “gaji” dari layanan RideWith, layaknya layanan sewa mobil seperti Uber.

Latest