Friday, April 26, 2019
Home News Pemerintah Harus Kasih Arahan Jelas Soal Tarif Interkoneksi

Pemerintah Harus Kasih Arahan Jelas Soal Tarif Interkoneksi

-

image

Jakarta, Selular.ID – Pemerintah saat ini tengah mengupayakan perubahan tarif interkoneksi operator seluler. Awal tahun 2016 nanti diharapkan sudah didapatkan tarif interkoneksi yang baru.

Saat ini menurut Rudiantara, Menkominfo RI, formula baru tarif interkoneksi masih terus dihitung oleh pihaknya bersama seluruh operator telekomunikasi. Pengkajian ini ternyata memakan waktu yang lumayan lama, karena diiringi juga adanya harapan sistem yang fair bagi semua pemain.

Menurut Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, pemerintah sebagai regulator harus bisa memberi arahan yang jelas soal perhitungan tarif interkoneksi ini. “Rumusnya sudah disepakati hanya saja persepsi mengenai cara menghitungnya masih berbeda,” jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan lain, Jumadi, Sekjen Indonesia Telecommunication User Group (IDTUG) menyampaikan seharusnya keputusan tarif interkoneksi ini tidak perlu waktu lama untuk memutuskannya. “Pak Menteri kan mantan praktisi, dia pernah di semua operator jadi tahu kondisi sebenarnya,” ungkap Jumadi kepada Selular.ID.

Seperti diketahui, perubahan tarif interkoneksi ini dimaksudkan pemerintah untuk mendorong peningkatan trafik dari satu jaringan ke jaringan lain.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest