spot_img
BerandaNewsBangun Indonesia Digital, MenKominfo Dorong Ketersediaan 'Digital Talent'

Bangun Indonesia Digital, MenKominfo Dorong Ketersediaan ‘Digital Talent’

-

Jakarta, Selular.ID – Membangun Indonesia menjadi negara digital tentunya membutuhkan banyak faktor. Selain faktor utama berupa infrastuktur, ketersediaan digital talent juga penting dalam mendukung Indonesia digital.

Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyebut tak hanya perlu membangun infrastruktur, namun digital talent juga tak kalah penting.

“Kita harus memberikan dorongan agar yang berpartisipasi di online harus berjalan dengan baik, dalam hal itu bukan saja infrastruktur yang kita bangun, tapi juga ketersediaan infrastrukturnya atau digital talent,” jelas Johnny, usai acara Konvensi Nasional, rabu (20/11).

Lebih lanjut, melalui digital talent, diharapkan Indonesia bisa menciptakan lebih banyak aplikasi dan platform miliknya sendiri. Menurut Johnny, hal ini mampu mengurangi ketergantungan terhadap platform asing.

Baca juga: Gelar Konvensi Nasional, Kominfo Ingin Bangun Infrastruktur Digital

“,bisa menghasilkan platform-platform baru, platform aplikasi versi Indonesia sendiri. itu yang dimaksudkan sehingga jangan sampai kita nanti hanya bergantung kepada platform asing.” papar Johnny.

Ketika disinggung mengenai persyaratan pendidikan seorang digital talent, MenKominfo menyebut tak butuh persyaratan khusus.

“Darimana saja, yang paling pertama diperhatikan yang tamat sekolah tapi belum kerja, kalau Kominfo tarik mereka dahulu,” ungkap Jhonny.

Johnny menambahkan pihaknya akan berkolaborasi dengan sejumlah universitas untuk melihat ketersediaan dari alumnus. Pasalnya, digital talent kini dibutuhkan.

“Makanya kami akan mendatangi univeristas-universitas untuk melihat mana alumnus-alumnus yang sudah tamat tapi belum bekerja, untuk masuk ke digital talent karena dibutuhkan mereka.” ujar Johnny.

Sementara itu, terkait dengan program yang dilakukan Kominfo dalam membentuk digital talent, Johnny menyebut cukup banyak. Sayangnya, tak dijelaskan secara rinci program apa saja yang telah dibangun Kominfo.

Artikel Terbaru