Saturday, August 24, 2019
Home Apps Nokia Here Maps Dijual ke Audi?

Nokia Here Maps Dijual ke Audi?

-

AudiJakarta, Selular.ID – Nokia segera menjual bisnis navigasi dan peta, Here, untuk tiga produsen mobil top dunia. Dilansir Selular.ID dari The Wall Street Journal (21/7/2015), bahwa setelah melalui negosiasi selama beberapa pekan, akhirnya Audi, BMW, dan Daimler AG (induk perusahaan Mercedes) telah sepakat untuk membeli platform Nokia Here Maps secara keseluruhan.

Kendati belum resmi dan tidak diketahui secara pasti harga jualnya, namun WSJ melaporkan harga beli “lebih dari” €2,5 miliar (atau sekitar Rp36,6 triliun). Selain produsen kendaraan mewah, aplikasi pemesanan mobil rental Uber juga dikatakan tertarik membeli Here Maps, tapi rupanya tersingkir dari penawaran pekan lalu.

Menurut Journal, trio pembuat mobil tidak akan menguasai Here Maps untuk diri mereka sendiri. Jika transaksi berjalan sesuai rencana, maka Audi, BMW, dan Daimler berrencana untuk mengajak perusahaan otomotif lain untuk ikut membeli saham dalam bisnis peta tersebut. Hal itu akan memberikan alternatif kepada semua produsen kendaraan besar dari pilihan penggunaan Google Maps selama ini atau solusi navigasi tradisional seperti TomTom, dan memungkinkan mereka untuk mengembangkan Here Maps ke dalam sistem hiburan mereka sendiri.

Tentu saja, membeli produk yang sudah rampung jauh lebih mudah daripada membangun platform pemetaan anyar dari awal. Kenyamanan itu disebut-sebut sebagai daya tarik utama bagi para pembuat mobil tadi.

Apalagi, Journal mengatakan bahwa teknologi Nokia ini juga bisa diterapkan ketika produsen kendaraan bereksperimen dengan mobil self-driving.

Nara sumber yang terlibat dalam negosiasi mengatakan bahwa kesepakatan tersebut akan selesai dan ditandatangani “dalam beberapa hari.”

Latest