Friday, April 26, 2019
Home News Kisruh Uber, Menkominfo: Sebaiknya Ada Aturan Soal Ride Sharing

Kisruh Uber, Menkominfo: Sebaiknya Ada Aturan Soal Ride Sharing

-

uber taxiJakarta, Selular.ID – Beberapa waktu lalu, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) Gubernur DKI Jakarta, menolak keberadaan Taksi Uber untuk beroperasi di Jakarta. Sejumlah penolakan terhadap layanan taksi dari Amerika yang menggunakan aplikasi UberPOP untuk menghubungkan antara pengemudi dengan calon penumpangnya ini pun muncul dari berbagai kalangan.

Penolakan terhadap Uber ini terutama karena model bisnisnya yang dinilai mengusik tatanan lama di industri transportasi di tanah air teerutama dari perusahaan taksi yang merasa terancam kelangsungan bisnisnya.

Menkominfo pun ikut bicara menanggapi persoalan tersebut. Menurut Rudiantara layanan ride sharing seperti yang dilakukan Uber ini sebaiknya mulai diatur layaknya yang diberlakukan pada e-commerce. “Kalau dari aplikasi digitalnya saya bisa ikut campur tapi kalau kontennya itu hak Kemenhub,” ujarnya.

Lebih lanjut Rudiantara menyampaikan sebaiknya layanan seperti ini dibuat roadmapnya, ketimbang nanti masuk ke Indonesia tidak jelas dan semua pihak akhirnya defensive terhadap keberadaan mereka.

“Kita harusnya membuat regulatory framework, di era digital ekonomi, mau diundang atau tidak, layanan berbasis ICT akan datang ke Indonesia karena mereka lihat pasar Indonesia sangat potensial” ungkapnya usai berbka puasa bersama di Widya Chandra.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest