BerandaNewsE-CommerceEzyTravel Ketiban Untung Jadi Travel Agen Online

EzyTravel Ketiban Untung Jadi Travel Agen Online

-

Doddy Lukito, Chief Technology Officer Ezytravel EzyTravel.com saat memberikan presentasi di forum bulanan MarkPlus Economy & Business (Foto: Choi/Selular)
Doddy Lukito, Chief Technology Officer Ezytravel EzyTravel.com saat memberikan presentasi di forum bulanan MarkPlus Economy & Business (Foto: Choi/Selular)

Jakarta, Selular.ID – Aktifitas travelling di Indonesia mengalami peningkatan sangat tajam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini mendorong bisnis Online Travel Agent (OTA) semakin menjamur. EzyTravel.com, salah satu situs agen perjalanan online, mengaku terus mengalami peningkatan signifikan, mulai dari Januari sampai Juni tahun ini.

Awal tahun 2015, EzyTravel.co.id mencatat ada pertumbuhan transaksi hingga 200 persen dari Januari dan Mei 2015. Sementara di bulan Juni atau tepatnya selama bulan Ramadhan 2015, jasa pemesanan ticket transportasi dan paket wisata ini menuai pencapaian gemilang. Tak tanggung-tanggung EzyTravel versi online ini mengalami kenaikan transaksi hingga 500 persen.

Bila di hari normal, EzyTravel menerima 600 ribu transaksi per hari, namun di saat lebaran kemarin, terjadi peningkatan yang dratis hingga 6-7 kali lipat.

Doddy Lukito, CTO EzyTravel.com, menjelaskan bahwa hal ini dikarenakan potensi e-commerce masih sangat besar dari sisi travel. Apalagi, Indonesia memiliki 42 juta internet user tahun ini, di mana bakal terus bertumbuh seiring penetrasi smartphone. Dalam dua tahun ke depan, pengguna internet diprediksi akan berjumlah sekitar 125 juta orang.

Dalam menghadapi perkembangan bisnis travel online di Tanah Air, lebih lanjut Doddy menguraikan, bahwa perusahaannya bakal menerapkan sejumlah strategi. Pertama, EzyTravel akan fokus di teknologi dan data, dengan meluncurkan mobile apps. Masih soal data, perusahaan akan membangun divisi khusus yang mengelola dan menganalisi data untuk kepentingan promotion.

“Data itu sangat penting. EzyTravel bisa lebih matang dalam menawarkan promosi ke customer,” jelas Doddy.

Agar layanannya makin komplit, EzyTravel berusaha untuk menjadi One Stop Shop Experience. Tak cuma menyediakan tiket transportasi dan hotel, agen perjalanan ini juga menawarkan cruise, travel package, tour, hingga dua layanan terbaru seperti travel insurance dan travel documents.

Dan terakhir, EzyTravel akan menambah personalized experience untuk mengerti pola belanja konsumen. “Misalkan, kita bisa melihat umur sekian ternyata lebih menyukai liburan ala backpacker. Tapi setelah berkeluarga, dia pasti akan memilih family travel. EzyTravel akan menyediakan paket liburan sesuai kebutuhan,” pungkasnya.

Artikel Terbaru