Sunday, July 12, 2020
Home Apps Waduh, Hati-Hati Nih WhatsApp di Peringkat Terendah dalam Hal Perlindungan Privasi

Waduh, Hati-Hati Nih WhatsApp di Peringkat Terendah dalam Hal Perlindungan Privasi

-

WhatsappJakarta, Selular.ID – Tidak diragukan jika WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messaging paling diminati para pengguna perangkat mobile. Namun sayangnya, berdasarkan laporan Electronic Frontier Foundation (EFF), WhatsApp justru berada di urutan belakang dalam perlindungan data pengguna.

Aplikasi WhatsApp memang tergolong mudah dalam hal penggunaannya. Tak perlu melakukan invite, cukup mendaftar nomor kontak orang yang memiliki aplikasi WhatsApp, secara otomatis nomor tadi tampil sebagai kontak di aplikasi messaging itu.

Di balik kemudahannya, ternyata WhatsApp memiliki sisi lemah dalam hal menjaga privasi penggunanya.  Pasalnya, seluruh percakapan pengguna bisa dipantau pihak berwajib dengan mudah.

Situs Wall Street Journal melansir, berdasarkan daftar penilaian tentang perusahaan mana saja yang memiliki komitmen terbaik dalam menjaga privasi para penggunanya dari pantauan pemerintah yang dikeluarkan EFF, WhatsApp ternyata berada di peringkat terendah. Dalam hal ini WhatsApp hanya mendapat skor 1 bintang dari lima kategori yang tersedia.

Dalam laporan berjudul ‘Who Has Your Back’, EFF mengatakan bahwa WhatsApp sama sekali tidak menjalankan berbagai praktik perlindungan privasi pelanggan dalam beberapa kategori (lihat gambar di bawah).(Ind)

table-daftar-rating-aplikas

Latest