Beranda News Tahun Ini, Pengguna Mobile Samai Jumlah Penduduk Dunia

Tahun Ini, Pengguna Mobile Samai Jumlah Penduduk Dunia

-

Ilustrasi mobile subscriber
Ilustrasi mobile subscriber

Jakarta, Selular.ID – Sempat dilaporkan bakal melampaui, namun pada akhir tahun, jumlah total pengguna mobile malah dikatakan baru akan menyamai jumlah penduduk dunia. Hal tersebut disampaikan dalam keterangan tertulis Ericsson dari riset berjudul Ericsson Mobility Report.

Sampai akhir tahun, setidaknya ada sekitar 7.2 miliar pengguna mobile di seluruh dunia. Sementara itu, jumlah pengguna layanan mobile selama ini tumbuh tiap tahunnya. Pada kuartal pertama 2015 saja, ada penambahan pengguna mobile baru sebesar 4 persen atau 108 juta pengguna.

Dengan laju pertumbuhan seperti itu, maka tahun 2015 nanti jumlah pengguna mobile diprediksi akan menyusul jumlah penduduk dunia yang saat ini mencapai kurang lebih 7,2 miliar.

Dengan kata lain, jumlah penggunaan ponsel atau smartphone akan lebih banyak dibanding jumlah penduduk dunia itu sendiri. Bahkan, kasus ini sudah terjadi di Indonesia.

“Untuk Indonesia sendiri, jumlah mobile subscriber memang lebih banyak daripada jumlah manusianya,” tutur Hardyana Syintawati, VP Marketing Communication Ericsson Indonesia.

Tentunya hal itu bukan berarti setiap penduduk dunia akan memiliki satu ponsel, atau layanan seluler sudah tersedia di mana-mana melainkan meningkatnya pengguna mobile yang memiliki lebih dari satu perangkat. Saat ini memang banyak pengguna mobile yang memiliki lebih dari satu perangkat, termasuk di Indonesia. Mereka biasanya menggunakan gadget yang berbeda untuk keperluan pekerjaan atau pertemanan.

“Aplikasi di smartphone kian mempermudah urusan pengguna, mulai dari email, melihat berita, sampai untuk menghitung kalori saat lari dan kemudia di-upload ke media sosial,” terang Nana, sapaan akrab Hardyana.

Hasil riset lain yang diungkap oleh Ericsson adalah 75 persen dari semua perangkat mobile yang terjual di kuartal pertama 2015 merupakan perangkat ponsel pintar. Naik 10 persen dari periode yang sama di tahun lalu. Hingga tahun 2020 nanti, jumlah pengguna smartphone akan mencapai 6.1 miliar di seluruh dunia.

Sementara itu, jumlah pelanggan mobile broadband sendiri juga akan mencapai angka 7,1 miliar dalam lima tahun mendatang. Angka tersebut mewakili 80 persen dari total pelanggan mobile.

(Ind)

Artikel Terbaru