Beranda News Tablet (Masih) Jadi Pilihan Utama Untuk Konsumsi Konten Video

Tablet (Masih) Jadi Pilihan Utama Untuk Konsumsi Konten Video

-

Ilustrasi penggunaan tablet untuk internet
Ilustrasi penggunaan tablet untuk internet

Jakarta, Selular.ID – Ukuran display smartphone antara 4.5-5.0 inchi disebut-sebut sebagai medium-sized, di mana perangkat yang memiliki diagonal layar 5.5 inchi atau lebih tinggi sedang menjadi popular selama beberapa tahun ini. Fenomena ini kemudian memunculkan istilah “Phablet” yakni perangkat mobile yang berada memiliki layar antara 5.5 inchi sampai 6.9 inchi.

Perbedaan ukuran layar smartphone, resolusi, dan display clarity tersebut tak pelak menjadi faktor penting yang mempengaruhi pengalaman pengguna dan layanan yang mereka gunakan.

Mengacu pada Ericsson Mobility Report, ada indikator ukuran layar perangkat dan jenis konten atau layanan yang paling banyak dikonsumsi pengguna yakni video, web browsing, social networking, dan layanan komunikasi, yang berdasarkan perangkat Android dengan adopsi 4G LTE.

Pengguna tablet (lebih dari 7 inci) paling banyak mengkonsumsi konten video. Bahkan, konsumsi video para perangkat tablet 50 persen hingga 70 persen lebih tinggi dibanding pada rata-rata perangkat phablet. “Pengguna tablet 50 persen lebih banyak menonton video online ketimbang rata-rata pengguna mobile broadband lainnya,” kata Hardyana Syintawati, Head of Marketing & Communications, Ericsson Indonesia.

Hasil statistik tersebut memperkuat asumsi bahwa semakin kecil ukuran layar perangkat, maka semakin rendah tingkat konsumsi videonya. Hal ini disebabkan pengguna cenderung memilih ukuran layar yang lebih lebar untuk mendapatkan user experience yang maksimal pada saat menonton video. Tak mengherankan bila perangkat dengan layar yang lebar seperti tablet banyak digunakan untuk kebutuhan tersebut.

Sementara untuk layanan komunikasi (semisal WhatsApp, Skype, Viber), sebenarnya ukuran layar perangkat tak menjadi persoalan. Aka tetapi, smartphone masih menjadi favorit ketimbang tablet. Penggunaan satu tangan menjadi alasan terbesar mengapa pengguna lebih lihai dan lancar saat bercengkrama di dunia maya.

Selain smartphone, perangkat lain yang bisa dipegang dengan satu tangan seperti phablet juga menjadi pilihan pengguna untuk mengkonsumsi layanan komunikasi.

Phablet dan smartphone berlayar besar menjadi yang paling fleksibel. Di antara enam jenis ukuran layar perangkat di atas, phablet dengan ukuran 5.5 inchi hingga 6 inchi bisa dibilang merupakan ukuran yang paling ideal. Phablet dengan ukuran tersebut banyak digunakan di semua jenis konsumsi konten, mulai dari video (meski kalah dari tablet) hingga layanan komunikasi. Alasannya, phablet memiliki ukuran yang pas untuk menikmati video, serta masih bisa dipegang dengan satu tangan jika ingin digunakan untuk melakukan panggilan.

Artikel Terbaru