BerandaAppsPerdana Naik Uber, Penumpang Tidak Perlu Bayar

Perdana Naik Uber, Penumpang Tidak Perlu Bayar

-

uber taxiJakarta, Selular.ID – Aplikasi mobile Uber memiliki strategi khusus agar konsumen mau mencoba melakukan pemesanan mobil privat berbasis smartphone. Bagi pelanggan anyar, yang baru pertama kali memesan mobil sewaan melalui aplikasi, tidak akan dikenakan biaya sewa, alias gratis.

Alan Jiang, International Launcher Uber, mengatakan kepada Selular.ID (15/6/2015), bahwa pelanggan yang baru mencoba layanan Uber, akan dibebaskan dari biaya, dengan tarif maksimal tagihan Rp100.000. “Tanpa syarat atau kode apapun,” terang Alan. Dengan begitu, diharapkan, pelanggan tersebut akan kembali menggunakan layanan Uber setelah mencoba secara cuma-cuma.

Di Indonesia, layanan sewa mobil ini sudah beroperasi di Jakarta, Bandung, dan Bali. Warga di tiga kota tersebut sudah bisa mengunduh aplikasi Uber di smartphone berbasis Android, iOS, atau Windows Phone.

Hanya saja, meski gratis, pelanggan Uber diwajibkan memiliki credit card sebagai syarat menggunakan layanan, untuk sistem pembayaran kelak.

Pelanggan tidak perlu membawa uang cash saat memesan mobil. “Tidak ada uang tunai yang digunakan dalam layanan Uber,” papar Alan. Layanan akan langsung melayangkan tagihan ke kartu kredit yang telah Anda masukkan datanya ke dalam aplikasi saat pertama kali registrasi.

Ketika melakukan pemesanan dan memilih lokasi tujuan, akan tertera biaya yang akan dikenakan. Ketika Anda tiba di tempat tujuan, Anda akan menerima email notifikasi tagihan ke kartu kredit. Sehingga Anda bisa langsung memverifikasi besaran biaya yang dilayangkan.

Untuk pemesanan kedua dan selanjutnya, tarif normal akan diberlakukan, diukur dari lama waktu dan jarak tempuh.

Saat ini, layanan Uber di tiga kota di Indonesia terdiri dari dua macam. UberX untuk pemesanan mobil berjenis Xenia atau Avanza, dan UberBlack untuk mobil jenis Innova.

Menurut Alan, tarif layanan UberX lebih murah daripada umumnya taksi di Jakarta, “Sekitar 30 persen lebih murah,” ujarnya. Sementara UberBlack, memiliki tarif yang sama tarif taksi standard di Indonesia.

Sejak rilis Agustus 2014, Alan mengaku, saat ini Uber Indonesia sudah bekerja sama dengan lebih dari seratus penyedia mobil sewa di tiga kota, dan memiliki lebih dari seribu mobil yang tersedia setiap hari untuk beroperasi, dengan jumlah pelanggan mencapai 100.000 yang telah melakukan registrasi ke layanan.

Artikel Terbaru