Ilustrasi ponsel Samsung dan Xiaomi (Foto: phonearena.com)
Ilustrasi ponsel Samsung dan Xiaomi (Foto: phonearena.com)
Ilustrasi ponsel Samsung dan Xiaomi (Foto: phonearena.com)

Jakarta, Selular.ID – Penguasa ponsel dunia terus bergulir. Pada kuartal terakhir 2014, Apple menjadi vendor smartphone top dunia, namun pada kuartal pertama 2015 Samsung merebut kembali mahkotanya. Menurut laporan dari perusahaan riset pasar Strategy Analytics, Samsung mengantongi pangsa pasar 24% di kuartal pertama tahun ini, menyalip Apple, yang diklaim hampir 18%.

Dalam hal jumlah pengiriman, perusahaan Korea Selatan mengapalkan 83,2 juta smartphone di seluruh dunia, sementara perusahaan yang berbasis di Cupertino mengirimkan 61,2 juta unit.

Berbeda dengan skema pasar global, Samsung harus mengakui ketangguhan vendor lokal di negara terbesar dunia. Menurut laporan terakhir dari perusahaan riset berbeda, IHS Technology, pemilik Galaxy series menempati posisi keempat sebagai produsen ponsel dengan penjualan tertinggi di Tiongkok selama kuartal pertama 2015.

Sejak awal tahun ini sampai akhir Maret 2015, Samsung tercatat berhasil menjajakan 10 juta unit ponsel di pasar ponsel paling kompetitif dunia. Atau mengantongi 10 persen dari seluruh penjualan ponsel se-Tiongkok pada Q1 2015. Lalu siapa penguasa pasar ponsel nomor satu?

Menurut kicauan pentolan Xiaomi India, Manu Kumar Jain, yang mengacu pada riset IHS, perusahaannya berhasil mempertahankan posisi teratas di pasar smartphone negeri asalnya dalam tiga bulan terakhir. Mereka berhasil menjual 14,2 juta unit dari total 99 juta smartphone yang terjual di Tiongkok. Atau mengambil 14 persen dari total market share smartphone di negeri asal hewan panda tersebut.

ihs-techMasih menurut data IHS yang dibagi Manu dalam twitnya, Huawei menjadi runner up vendor smartphone dengan penjualan tertinggi dengan mengantongi 11 persen di Tiongkok. Dan raksasa komputer asal Amerika Serikat, Apple, menempati posisi ketiga, selama kuartal pertama 2015. (bda)