Foto: Choi/Selular.ID
Foto: Choi/Selular.ID
Foto: Choi/Selular.ID

Bandung, Selular.ID – Indonesia menjadi pasar ponsel terbesar di dunia. Melalui era teknologi mobile, perkembangan lingkungan yang berpusat pada innovation-centric disinyalir bakal mendorong pertumbuhan ekonomi secara signifikan.

Darrell West, Vice President and Director of Governance Studies Brookings Institution, menguraikan bahwa para pemangku kepentingan termasuk pemerintah, pembuat kebijakan, dan pelaku industri harus memainkan peranan penting dalam menciptakan ekonomi yang berbasis pada pengetahuan.

“Aksesibilitas, kemampuan, dan keterjangkauan perangkat mobile sedang berkembang, namun masih ada ruang kosong untuk kemajuan yang lebih lanjut,” ujar Darrell, saat melakukan presentasi di depan puluhan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (28/4/2015).

Darrell mengatakan bahwa Indonesia sebenarnya mempunyai potensi untuk mengembangkan inovasi. Namun seringkali dihadapkan pada masalah inovasi dan strategi untuk membuat lingkungan yang baik. ” Indonesia punya transparansi dan potensi dalam hal inovasi,” tambahnya.

Dalam lingkup mobile economy project, beberapa elemen sosial yang bisa disentuh antara lain pendidikan, kesehatan serta economic development. (bda)