Mesin pengetesan ponsel di pabrik Haier (Foto: Indra/Selular.ID)
Mesin pengetesan ponsel di pabrik Haier (Foto: Indra/Selular.ID)
Mesin pengetesan ponsel di pabrik Haier (Foto: Indra/Selular.ID)

Seoul, Selular.ID – Haier merupakan salah satu produsen ponsel asal Tiongkok yang selama ini menyediakan smartphone Andromax bagi Smartfren Telecom. Nama Haier pun mulai dikenal masyarakat Indonesia sebagai merk ponsel dengan harga terjangkau namun memiliki spesifikasi yang berkualitas.

Sukses yang dicapai dalam menghadirkan Andromax membuat produsen alat elektronik terbesar di Tiongkok ini percaya diri untuk masuk ke open market pasar ponsel di Indonesia dengan mengusung brand Haier.

“Kuartal ketiga kami akan mulai memasarkan produk Haier di Indonesia selain memproduksi Andromax,” jelas Kevin Jap, Country Manager Mobile Phone Haier Indonesia kepada Selular.ID dalam perjalanan dari Qingdao, Tiongkok menuju Seoul, Korea Selatan.

Langkah yang diambil Haier ini menyusul akan segera beroperasinya line produksi smartphone Haier di Cikarang bulan Mei 2015 mendatang. Pabrik perakitan dengan kapasitas penuh mampu memproduksi 150 ribu unit per bulan tentunya sayang jika hanya memenuhi permintaan Andromax.

Pembukaan line produksi di Cikarang tersebut menurut Kevin juga dalam rangka memenuhi kewajiban Total Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di ponsel buatannya. Untuk meningkatkan komposisi TKDN disampaikan Kevin, Haier akan menyediakan laboratorium R&D (Research and Development) dengan mendatangkan peralatan yang dibutuhkan. R&D tersebut nantinya akan berfungsi untuk melakukan pengembangan software. “Saat ini di Cikarang baru ada R&D yang sifatnya ringan seperti pengetesan ponsel,” ungkap Kevin.

Untuk membuat laboratorium R&D tersebut Haier akan mengeluarkan investasi tambahan lebih dari USD 1juta pada tahun 2015 ini. Sebelumnya Haier telah mengeluarkan investasi dengan nilai yang sama (USD 1Juta) untuk membuka line produksi di tanah air. (bda)