credit @jaredeberhardt
credit @jaredeberhardt
credit @jaredeberhardt

Jakarta, Selular.ID – Bagi warga maya Instagram yang suka musik, kini platform berbagi foto itu memberikan akun khusus yang bisa ditelusur oleh semua pengguna layanan. Hari ini (30/4/2015) Instagram memperkenalkan @music, sebuah akun yang didedikasikan khusus untuk penikmat musik, menciptakan komunitas audio melalui cara yang lebih visual.

Peresmian ini menandakan pertama kalinya Instagram meluncurkan sebuah akun yang didedikasikan untuk topik tertentu. Kevin Systrom, CEO Instagram, mengatakan bahwa komunitas musik telah (dan selalu) menjadi bagian penting Instagram. Selama empat tahun terakhir, Kevin mengatakan bahwa aplikasinya menjadi rumah bagi seniman besar dan kecil, tempat bagi pelaku industri musik untuk berbagi cerita, mengungkapkan kreativitas mereka dan terhubung langsung dengan penggemar.

Kevin mengklaim bahwa sekitar seperempat dari akun-akun yang populer di Instagram adalah milik musisi. Menurutnya, minat akan konten musik sangat tinggi di antara 300 juta pengguna Instagram. Kelompok musisi yang banyak diminati di antaranya Raisa Andriana, DJ Martin Garrix, penyanyi Lebanon, Nancy Ajram dan bintang K-Pop, TaeYeon.

@music akan meliputi segala aspek seputar pengalaman bermusik. Mulai dari musisi sampai artis yang sedang naik daun dan pendatang baru, dari pemusik live session sampai dengan penggemar musisi, dari alat musik sampai lirik lagu, dari studio sampai panggung.

Setiap minggu, Instragram akan menunjukkan sisi berbeda dari artis yang Anda kenal dan idolakan, dan memperkenalkan bakat-bakat baru yang muncul dari industri musik. Ini berarti Instagram juga menyoroti fotografer musik, ilustrator album, pembuat instrumen, dan tentu saja, penggemar.

instagram-music

Saat redaksi mengunjungi akun @music tersebut, saat ini baru ada tiga foto yang diunggah. Meski demikian, follower-nya sudah mulai banyak yakni di atas 33 ribu karena promosi yang dilakukan Instagram.

Mengikuti tradisi, Instagram juga akan menyambut partisipasi komunitas baru dengan proyek hashtag bulanan musik bertema. Akan ada enam post setiap minggunya yang terbagi dalam beberapa seri seperti #LocallySourced (musisi independen), #DoubleTrack (berfokus pada hobi artis diluar musik) dan #15SecondLessons (video tentang cara memainkan musik). (bda)