Saturday, May 25, 2019
Home Devices Universal Robots Meluncurkan UR3

Universal Robots Meluncurkan UR3

-

Universal Robots
Universal Robots

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan industri robot kolaboratif dari Denmark, Universal Robots, menciptakan robot mungil untuk keperluan perakitan ringan dan otomatisasi meja kerja. Hari ini perusahaan mengumumkan peluncuran robot UR3 terbaru, terobosan teknologi dalam seri robot untuk keperluan pabrik.

Setelah melalui proses pengembangan dan riset selama tiga tahun, Universal Robots berhasil menciptakan robot UR3 yang sangat terjangkau, dan bisa ditempatkan di atas meja karena bobotnya hanya 11kg, dan mampu mengangkat beban hingga 3kg. Engsel-engsel lengannya mampu bergerak 360 derajat, dan poros utamanya bisa berputar tanpa batasan.

Enrico Krog Iversen, CEO Universal Robots mengatakan bahwa UR3 merupakan robot ringkas serta bisa bekerja di atas meja. Bisa beroperasi secara efisien sebagai rekan kerja manusia atau sebagai operator yang berdiri sendiri. “UR3 merupakan revolusi dalam dunia manufaktur, terutama untuk pembuatan produk-produk peralatan medis, papan sirkuit serta komponen elektronik yang membutuhkan kecepatan, ketepatan dan konsistensi gerakan yang tinggi dari satu titik ke titik yang lain,” ujar Enrico.

Dengan memadukan teknologi pemrograman yang mudah, serta putaran sumbu yang tidak terbatas dan pendeteksi gaya tekan yang sudah disempurnakan, UR3 didesain menyerupai seorang ahli perakitan profesional. Dari gerakan mengambil, menempatkan, merakit, serta memoles, lem, sekrup, sampai berbagai penerapan lainnya, robot ini membantu pelaku industri untuk menjaga hasil akhir produk yang konsisten dan berkualitas tinggi. Contohnya, robot ini bisa mengambil sekrup, memasangkannya dan mengencangkannya sekaligus dengan torsi gerakan yang sesuai.

UR3
UR3

Seperti halnya produk UR lain, keamanan merupakan hal terpenting dalam UR3. Robot ini memiliki 15 pengaturan keamanan yang bisa diatur. Salah satunya adalah fitur pendeteksi adanya gaya tekan yang bisa membatasi gerakan UR3 apabila robot ini merasakan adanya penghalang ketika ia bergerak.

UR3 juga memiliki akurasi pengulangan gerak sebesar 0.1mm sama seperti pendahulunya, UR5 dan UR10, dan bisa bergerak mengikuti kontur permukaan dengan “meraba” dan tidak berupa pemrograman terlebih dahulu, yang biasanya memakan waktu serta melibatkan lebih dari 100 titik data yang didaftarkan secara manual. (bda)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest