Inilah Situs e-Commerce Favorit di Indonesia

Ilustrasi e-commerce di Indonesia
Ilustrasi e-commerce di Indonesia

Jakarta, Selular.ID – Pertumbuhan e-commerce di Tanah Air memang merebak laksana jamur di musim hujan. Penetrasi smartphone yang kian meluas dan koneksi internet yang memadai menjadi pemicunya. Pemain jual beli online terus bermunculan dari ibu rumah tangga dengan modal pas-pasan jualan di media sosial, hingga yang disokong modal miliaran untuk memperkuat tajinya.

Berbagai penelitian menunjukkan tren belanja online yang kian meningkat. Pada minggu ketiga dan keempat Januari 2015, Selular.ID mengadakan polling untuk mengetahui apa situs e-commerce yang menjadi favorit konsumen. Ada delapan situs besar yang menjadi pilihan, selain memberikan ruang bagi pengunjung untuk memilih situs favoritnya di luar dari yang sudah disebutkan.

Hasilnya sesuai dengan prediksi, yaitu Lazada menjadi situs yang paling disukai. Sebanyak 36,45% memilih situs yang baru berdiri pada 2012 tersebut. Wajar saja, promosi mereka sangat gencar dengan memasang iklan digital hingga iklan di televisi. Di tingkat Asia Tenggara, secara total jaringan situs Lazada diakses tiga juta pengunjung tiap harinya. Dibanding para pesaing, Lazada juga menduduki posisi tertinggi di ranking Alexa Indonesia yaitu 12.

Setelah Lazada, posisi runner up diduduki oleh Tokopedia yang pada Oktober tahun lalu diguyur investasi Rp1,2 Triliun dari Softbank. Setelah itu, dilanjutkan posisi ketiga oleh Dinomarket. Posisi keempat ditempati dua pemain yaitu OLX dan Elevenia yang sama-sama mendapat porsi 8,41%. Kemudian Bhinneka, Blibli dan Blanja di urutan terakhir. Selain yang disebutkan di atas, ada beberapa situs belanja yang juga digemari pembeli yaitu Bukalapak, Sukamart, Bilna, Pink Emma, Zalora dan Forun Jual Beli Kaskus. (bda)

Hasil polling Selular.ID
Hasil polling Selular.ID