Apple Watch Segera Dijual, Berapa Harganya?

yellow_gold_black_classic
Apple Watch Edition

Jakarta, Selular.IDWearable Device ala Apple berupa jam tangan pintar segera dijajakan ke sejumlah negara bulan depan. Kendati belum diketahui persis kapan Apple Watch melenggang di tanah air, namun ketersediaannya sudah bisa dipastikan karena telah tercantum di laman resmi Dirjen Postel Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi. Lalu berapa harganya?

Apple Watch hadir dalam tiga varian utama. Banderol ketiganya telah diumumkan pada acara internal perusahaan. Varian pertama, Apple Watch Sport, terbuat dari campuran aluminium khusus yang diklaim perusahaan 60% lebih tangguh dari ramuan biasa, tapi masih tetap ringan dikenakan. Disajikan dalam versi 38mm dan 42mm, masing-masing dibanderol $349 dan $399, atau sekitar Rp4,6 juta dan Rp5,2 juta dengan nilai konversi saat ini.

Lalu ada Apple Watch, yang bisa dikatakan versi standard. Kerangkanya dilapisi stainless steel dan harganya tergantung pada ketebalan yang Anda pilih. Untuk versi 38mm, harganya mulai dari $549 sampai $1.049, sementara yang lebih tebal, 42mm, akan dijual dari $599 sampai $1.099.

Terakhir, Apple Watch Edition, berlapis emas 18 karat, akan dijual mulai dari $10.000 untuk versi 38mm dan $12.000 untuk 42mm. Tim Cook, CEO Apple, tidak merinci lebih lanjut mengenai varian ini, tapi yang pasti, karena edisi terbatas, keduanya hanya akan ditawarkan di toko-toko tertentu.
(Baca: Apple Bersiap Jajakan Jam Pintarnya di Indonesia)

Sebagai catatan, ketiga varian Apple Watch memiliki bentuk yang sama, persegi dengan sudut membulat. Versi 38mm dan 42 mm, merujuk pada ketebalan jam tangan tersebut, bukan luas layar. Meski tidak ditekankan secara eksplisit, tapi versi pertama ditujukan bagi kaum hawa, sedangkan versi lebih tebal untuk kaum adam.

Apple-Watch-Sport
Apple Watch Sport

Pelanggan bisa mencoba dua versi sederhana Apple Watch di atas di toko ritel Apple mulai 10 April mendatang. Anda juga bisa mulai pre-order dari tanggal yang sama dengan pengiriman dimulai 24 April. Tapi tunggu dulu, tidak semua negara mendapatkannya. Sebagai awalan, penjualan akan dimulai di Australia, Kanada, Tiongkok, Perancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat. (bda)