Sunday, July 21, 2019
Home News Samsung Pay: Lebih Aman dan "Ramah" Ketimbang Apple Pay

Samsung Pay: Lebih Aman dan “Ramah” Ketimbang Apple Pay

-

Ilustrasi Samsung Pay
Ilustrasi Samsung Pay

Barcelona, Selular.ID – Di saat Apple sedang gencar memperluas ekosistem layanan Apple Pay, Samsung siap menandingi dengan sistem pembayaran serupa. Rival bebuyutan asal Negeri Ginseng tersebut telah memperkenalkan sistem pembayaran mobile (mobile payment) nirkabel berjuluk Samsung Pay, di sela-sela peluncuran duo Galaxy S6 di MWC 2015, Barcelona, Spanyol.

Metode pembayaran Samsung Pay mirip seperti Google Wallet dan juga Apple Pay. Pengguna bisa memakai kedua smartphone flagship yang baru saja diluncurkan -Galaxy S6 dan S6 Edge- untuk melakukan transaksi karena bertindak layaknya dompet digital.

Berkat akuisisi LoopPay, sebuah start up yang berbasis di Burlington, layanan pembayaran mobile Samsung dinilai lebih mantap. Bila Apple Pay hanya mengandalkan koneksi NFC (Near Field Communication), nantinya Samsung Pay juga bakal menggunakan magnet pembaca kartu strip atau Magnetic Secure Transmision (MST) yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan perangkat terdekat ke terminal, mirip dengan sistem menggesek kartu kredit.

Dengan MST, Samsung Pay dapat bekerja dengan mesin kartu kredit dan kartu debit, di samping juga dapat bekerja dengan mesin pembayaran NFC. Ini berarti, teknologi LoopPay akan jauh lebih banyak didukung oleh perusahaan retail, dibandingkan dengan Apple Pay. Samsung juga memastikan Samsung Pay Aman karena mereka mengenkripsi nomor kartu kredit Anda atau debit.

Kendati Google Wallet dan Apple Pay mengutamakan teknologi NFC sebagai sistem transmisi, namun pada kenyataannya penggunaan teknologi NFC sebenarnya belum merata di seluruh dunia. Samsung memperkirakan, 90 persen retailer di Amerika Serikat belum mendukung sistem NFC.

Terdapat sejumlah bank dan lembaga keuangan yang telah mendukung Samsung Pay. Termasuk Master Card, Visa, American Express, Bank of America, Citi, JPMorgan Chase, serta U.S. Bank. Bermodalkan mitra besar, Samsung Pay memiliki potensi untuk diterima sekitar 30 juta lokasi merchant di seluruh dunia.

“Proses pembayaran yang aman dan sederhana, ditambah dengan jaringan mitra yang kuat, Samsung Pay benar-benar mengubah permainan layanan yang akan membawa nilai kepada konsumen dan mitra kami dalam ekosistem,” ujar  JK Shin, CEO and Head of IT & Mobile Communications Division, Samsung Electronics.

Latest