spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapAxioo PICOPhone M2: Prosesor 4 Inti, Kinerja Kurang Mumpuni

Axioo PICOPhone M2: Prosesor 4 Inti, Kinerja Kurang Mumpuni

-

Axioo-PicoPhone-M2Lebih dikenal sebagai produsen PC dan notebook lokal, Axioo kini makin serius dengan perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Salah satu produk yang baru diluncurkan, yakni Axioo PICOPhone M2. Meski sudah memiliki prosesor sekelas Quad-core, tapi ponsel ini hanya dibekali RAM hanya 512 MB saja, bagaimana kinerjanya?

[quote_box_center]

Keunggulan
–    Prosesor Quad-core
–    Desain elegan
–    Koneksi lengkap

Kelemahan
–    RAM hanya 512 MB
–    Kualitas suara kurang bagus

[/quote_box_center]

Desain

Bentuk kotak, tegas namun  ergonomis adalah kesan yang pertama kali terlihat pada Axioo PICOPhone M2, jika dilihat dari bagian depan. Lihat saja bagian belakang, meski memiliki sudut yang simetris  dengan permukaan depan yang rata, namun bodi belakang PICOPhone didesan membulat dari sisi samping kanan ke samping kiri.

Dibalut dengan warna putih memberikan kesan ponsel begitu elegan. Apalagi ditambah dengan bazel tipis disekeliling sisi bagian depan kebelakang atas dan bawah, membuatnya terlihat kokoh meski hanya dibangun dengan material plastik.

Didominasi dengan layar besar, Axioo PICOPhone masih dapat mengandalkan tombol sentuh untuk melakukan navigasi. Tiga tombol tersebut berfungsi sebagai tombol back, home dan recent apps.

Tombol fisik berada disebelah kanan dan kiri masing-masing adalah tombol power/unlock dan tombol kontrol volume. Dibagian atas terdapat port 3.5mm dan port microUSB.
Beralih ke bagian belakang tersedia kamera beserta lampu flash plus lubang speaker di bagian bawah dan logo LG ditengah. Uniknya pada bagian ini LG membuat Axioo PICOPhone dengan motif cantik yang membuatnya sangat fashionable. Sayangnya dengan lapisan glossy membuat ponsel sangat licin saat digenggam.

Layar

Axioo PICOPhone M2 menyuguhkan layar LCD kapasitif dengan ukuran 4.5 inci, dengan resolusi 540 x 960 Piksel. Memiliki resolusi yang cukup pas dengan ukuran layarnya, ponsel ini mampu menghasilkan tampilan yang halus dan gambar yang hidup.

Dengan kemampuan 5 sentuhan jari membuat layar terbilang responsif saat digunakan untuk bernavigasi. Dilapisi dengan teknologi IPS, membuat ponsel memiliki viewng angle yang luas, meski dilihat dari sudut pandang tertentu.

InterfaceBerjalan diatas OS Android v4.4.2 Kitkat, Axioo tidak merubah interface pada PICOPhone M2. Dari tampilan unlock, homescreen serta app drawer masih menggunakan interface default Android.

Axioo menambahkan fitur tambahan pada interface, yakni fitur EasyTouch. Fitur ini sama seperti Assistive Touch milik iPhone yang berguna sebagai shortcut untuk mangaktifkan aplikasi atau fitur tertentu, seperti lockscreen, favorit, home, settings dan empat spot lagi yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

Interface2Melalui Easytouch pengguna juga dapat mengubah beberapa pengaturan tampilan seperti kecepatan animasi, pengaturan gesture untuk metode unlock dan yang lainnya.

Kinerja

Meski dibekali OS terbaru dari Android, namun sayang Axioo hanya menambahkan RAM 512MB saja pada ponsel ini. Kapasitas RAM ini merupakan kompabilitas kapasitas RAM terendah untuk OS Android Kitkat.  Padahal prosesor yang dibenamkannya sendiri sudah cukup mapan, yakni dengan chipset MTK6582  dengan CPU Quad Core 1.30GHz Cortex-A7.

HardwareDengan hardware yang dimilikinya, ponsel ini jelas tidak cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi atau game berat. Saat kami mencoba untuk membuka dua sampai tiga aplikasi sekaligus, proses yang dijalankan masih terasa agak lambat.

Untuk membuktikan kehebatan kinerjanya kami juga mengetesnya dengan aplikasi antutu bechmark. Dengan aplikasi ini, Axioo PICOPhone M2 mendapatkan skor 18 ribuan. Kami juga sempat menujinya dengan memainkan game Banana King. Dengan game ini, maka ponsel dapat menjalankannya dengan lancar tanpa ada masalah.

Baterai

Sebagai sumber daya, Axioo PICOPhone M2 telah memiliki kapasitas baterai 1600mAh. Kapasitas in memang terbilang kecil, namun dengan hardware yang dimilikinya hal ini sucah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna.

Axioo mengklaim ponsel ini mampu digunakan hingga 5 Jam dalam keadaaan aktif. Sedangkan untuk standby mampu bertahan hingga satu harian penuh.

Kamera

Beralih ke urusan fotografi, Axioo siapkan kamera belakang dengan resolusi 5 MP. Di dalamnya tersedia beragam fasilitas dan pengaturan seperti autofocus, geotagging, exposure, 6 efek warna  (mono, sepia, negative, aqua, blackboard, whiteboard) dan 13 scene mode (night, sunset, party, potrait, landscape, night portrait, theater, Beach, snow, steady phone, fireworks, sport candle light), 
zero shutter delay, voice capture, face detection, smile shot, HDR, Self timer, Continous shot, ISO.  Kamera ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengambil foto akan tetapi juga merekam video.

kameraDengan resolusi kamera yang dimilikinya, kualitas hasil foto terbilang bagus, mampu menangkap objek dengan baik, meski fokusnya masih terasa kurang dan terlihat beberapa noise dibeberapa bagian.

Untuk kamera depan Axioo benamkan kamera 2MP. Tidak dibekali fitur autofocus, hasil fotonya tidak sebaik pada kamera utama. Namun dilihat hasilnya dirasa cukup untuk menangkap foto selfie, meski penangkapan foto agak lambat.

Hasil Foto:
ANggrek2
Fixie
Gear
PenvilMultimedia

Untuk kemampuan multimedia Axioo PICOPhone M2 masih terbilang sama seperti ponsel android lainnya. Unggulkan musik player, video player dan FM Radio. Untuk musik playernya, Axioo masih mengandalkan musik dan video player default dari Android.

Dengan kedua aplikasi musik dan video player pengguna dapat memainkan beberapa file audio (MP3, MIDI, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, PCM )dan video AVI(H.264, DIVX, XVID, rm, rmvb, MKV, WMV, MOV, MP4, MPEG, MPG, FLV. HD 480P, max 720P). Untuk menambah kualitas suaranya, Axioo menambahkan BesAudEnh, yakni penambah kualitas audio untuk pengguna yang menggunakan earphone/headphone.

MultimediaPada fitur Radio FM, ponsel ini dapat menangkap sinyal dengan baik. Tidak hanya mampu dapat memperdengarkan Radio, pengguna juga dapat merekam siaran radio langsung dari ponsel.

Kualitas suara dari speaker maupun headset standart yang dimilikinya terbilang tidak terlalu bagus. Karena suara yang dikeluarkan tidak seimbang tidak terasa suara Bass, dan terlalu banyak treble. Untuk pemutar video, ponsel ini dapat memutar video dengan baik dengan memunculkan subtitle yang disediakan pada video yang kami masukan.

Konektivitas

Untuk fitur koneksi, Axioo PICOphone mampu terhubung pada jalur 3G dengan koneksi ini ponsel dapat dipacu dnegan kecepatan maksimal 7.2 Mbps. Selain itu masih tersedia koneksi wifi. Terhubung mudah ke wifi hotspot pengguna dapat terkoneksi keinternet dnegan lancar.

KonektivitasKoneksi lainnya yang tersedia tentu tidak ketinggalan. Bluetooth serta koneksi kabel dara MicroUSB pun sudah tersedia. Dengan koneksi ini pengguna dapat dnegan mudah untuk dapat tukar menukat data antara perangkat.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru