Thursday, August 22, 2019
Home News 2015, XL Hanya Bangun BTS 3G dan 4G

2015, XL Hanya Bangun BTS 3G dan 4G

-

Lombok, Selular.ID – XL memastikan anggaran belanja modal 2015 sama dengan realisasi belanja tahun 2014, yakni sebesar Rp7 triliun. Mayoritas dana akan dialokasikan untuk ekspansi jaringan BTS (base transceiver station). Hanya saja, kali ini perusahaan hanya akan membangun BTS 3G dan 4G, bukan 2G.

Direktur Managemen Service XL Ongki Kurniawan menegaskan hal tersebut kepada Selular.ID saat pelepasan media gathering 2015 di Jakarta (25/2/2015). “Kalau pun ada pembangunan BTS 2G, jumlahnya sangat sedikit,” ujar Ongki.

Kendati profit tahun 2014 negatif, XL tidak berhenti melakukan pembangunan infrastruktur dan terus memperluas cakupan ke kota-kota besar di Indonesia. Selain di Jawa, pelanggan XL di Medan, Palembang, Makassar, Banjarmasin dan Mataram, segera menikmati hasil program yang disebut perusahaan “Transformasi Jaringan”.

Perluasan jaringan ke kota-kota utama di luar Jawa ini, menurut Ongki, berdasarkan tingginya kebutuhan pelanggan di masing-masing kota. Skala prioritas menyesuaikan beberapa faktor, misalnya sumberdaya XL, termasuk masalah teknis yang ada di setiap lokasi.

Wilayah Jawa yang masuk dalam prioritas perluasan tahun 2015 di antaranya Serang, Pandeglang, Semarang, Yogyakarta, dan Sidoarjo. Pada tahap awal, program ini mencakup Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, dan Denpasar.

Hasil sementara, aku Ongki, 97 persen area di tiap lokasi program ditopang BTS 3G, 93 persen area terlayani sinyal kuat dengan kecepatan akses data mencapai rata-rata 1,1Mbps, dan tidak ada drop.

Tidak hanya sampai di situ, melalui Transformasi Jaringan, XL berharap bisa meningkatkan akses internet sampai 5Mbps.
Guna mendukung proyek ini, XL melakukan pendekatan baru untuk desain jaringan di RAN, transmisi dan core, serta mengimplementasikan teknologi baru, dan bekerja sama dengan PT Ericsson Indonesia dan PT Huawei Tech Investment.

Saat ini XL melayani sekitar 59,6 juta pelanggan yang ditopang 52 ribu BTS, di mana 31 persennya adalah BTS 3G. Selain itu, XL juga memiliki jaringan infrastruktur fiber optic sepanjang lebih dari 30 ribu km yang menghubungkan hampir seluruh pulau utama Indonesia.

Kesiapan Jaringan 4G

Seiring penataan spektrum 1800MHz untuk layanan 4G segera dilaksanakan, XL mempersiapkan jaringan untuk bisa mengimplementasikan layanan tersebut. Beberapa hal yang dilakukan antara lain melakukan peningkatan kapasitas dan jangkauan jaringan secara menyeluruh, baik menyangkut radio, transmisi, maupun paket core dan internet.

Modernisasi perangkat Radio (Single RAN) dilakukan untuk kemudahan implementasi dan memutakhirkan perangkat 2G eksisting (Re-Use) dengan software kapabilitas 4G. Juga peningkatan dan perluasan jaringan backbone fiber optic, perluasan jaringan transmisi akses dengan fiber optic dan radio kecepatan tinggi, serta modernisasi jaringan Core MPLS. Serta dilakukan upgrade kapasitas packet core untuk mendukung peningkatan trafik hingga 2x lipat di tahun 2015, serta  pembangunan Data Center di Pekanbaru, Sumatera, untuk meningkatkan layanan data.

Latest