Tuesday, August 20, 2019
Home Apps mFish, Asisten Nelayan Saat Melaut

mFish, Asisten Nelayan Saat Melaut

-

Peluncuran XL mFish bersama Tone di Lombok
Peluncuran XL mFish bersama Tone di Lombok

Lombok, Selular.ID – Nelayan di tanah air kini bisa mempunyai asisten pribadi di ponsel. Aplikasi bernama mFish, berisi aneka informasi yang dibutuhkan nelayan. Kampung Nelayan Ampenan di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menjadi wilayah percontohan penerapan aplikasi mFish.

Tersedia secara eksklusif untuk pelanggan XL Axiata, aplikasi gubahan Tone ini diharapkan akan membantu memaksimalkan produktivitas nelayan dan menekan biaya operasi. Bukan hanya di Indonesia, inisiatif global ini akan akan diresmikan pada Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, awal pekan ini.

Perancang mFish dan juga pendiri perusahaan pengembang aplikasi Tone, Mark Kaplan, mengatakan bahwa aplikasi menyediakan akses informasi yang dibutuhkan oleh para nelayan. Mulai dari prakiraan cuaca, info ketinggian pasang surut, peta permukaan laut, lokasi pencarian ikan dan plankton, dan harga ikan yang ditangkap di pengepul.

Secara real time, mFish mendapat data dari NOAA (national oceanic and atmospheric administration) untuk mendeteksi data keberadaan plankton yang sekaligus bisa menjadi cara mendeteksi keberadaan ikan.

Aplikasi juga memiliki sejumlah fitur antara lain e-wallet, panduan menjaga lingkungan, social media, serta percakapan antar pengguna.

Untuk tahap awal, Mark mengaku, aplikasi masih berbasis pada sistem operasi android dengan teknologi 3G, yang dapat diadaptasi ke jaringan 4G. Kelak, aplikasi bisa diunduh oleh pengguna ponsel android apa pun.

Wakil Presiden Direktur XL Dian Siswarini mengatakan, sebagai pilot project, lokasi penerapan mFish mencakup beberapa wilayah perikanan di Indonesia antara lain Lombok, Karimun Jawa, Demak, serta Tegal. Pada semester kedua tahun 2015 mendatang, penerapan program mFish akan diperluas sampai ke Kendari, Sulawesi Tenggara.

mFish kitAdapun satu set yang disediakan untuk para nelayan berisi beberapa peralatan.  Dalam mFish-kit, terdiri dari satu unit ponsel android yang sudah terinstal aplikasi mFish serta kartu perdana prabayar XL yang sudah disuntik paket data 1GB per bulan untuk 6 bulan. Selain charger standard, mFish-kit juga menyediakan solar charger untuk pengisian baterai ponsel memanfaatkan cahaya matahari. Semua itu dibungkus dengan dry bag (kantong kedap air), cocok untuk aktivitas nelayan di permukaan laut dan kondisi pesisir.

Dalam peluncuran program mFish, selain dengan Tone, XL bekerja sama dengan NOAA dan GSMA dalam penyediaan data. Untuk sosialisasi ke nelayan, XL juga bekerja sama dengan sejumlah lembaga nirlaba yang memiliki perhatian kepada para nelayan, seperti RARE, Yayasan MDPI (masyarakat dan perikanan Indonesia), dan LINI. (bda)

Latest