spot_img
BerandaNewsE-CommerceManfaatkan Momentum eCommerce, Pos Singapura Berkongsi dengan Trikomsel

Manfaatkan Momentum eCommerce, Pos Singapura Berkongsi dengan Trikomsel

-

Ilustrasi eCommerce (Foto: istimewa)
Ilustrasi eCommerce (Foto: istimewa)

Jakarta, Selular.ID – Tingginya pengguna ponsel cerdas di Indonesia menciptakan peluang pasar yang besar di sektor bisnis e-commerce. Maka tidak heran banyak pemodal asing yang berminat menanamkan investasi di tanah air. Salah satunya adalah perusahaan penyedia logistik dan pos Singapura, SingPost, yang baru saja mengumumkan kerja sama dengan riteler nasional, Trikomsel, dalam membentuk joint venture untuk menapakkan kaki ke bisnis e-commerce.

Pengumuman ini cukup mengagetkan. Pasalnya, pemerintah tengah mempertimbangkan untuk memasukkan e-commerce atau perdagangan elektronik ke dalam Daftar Negatif Investasi (DNI). Artinya, sektor bisnis tersebut tertutup bagi dana asing. Padahal, investasi asing berati peluang meningkatkan penerimaan pajak bagi negara.

Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa kini Menkominfo bersama Menteri Koordinasi Perekonomian sedang membuat ramuan baru untuk merevisi DNI. Pemerintah sedang menyusun regulasi yang mengatur bisnis perdagangan elektronik ini. Targetnya, aturan tersebut bisa tuntas dalam waktu tiga sampai enam bulan ke depan.
(Baca juga: Benarkah Jokowi Larang Startup Lokal Terima Investasi Asing?)

Memanfaatkan momentum ini (belum ada aturan jelas mengenai e-commerce), SingPost membentuk perusahaan patungan di Indonesia dimana Trikomsel akan mengambil kepemilikan saham sebesar 67% dan SingPost melalui anak perusahaan yang dimiliki seluruhnya yakni SP eCommerce, akan mengambil kepemilikan sisanya yakni sebesar 33%.

SP eCommerce merupakan penyedia layanan ecommerce termasuk penggunaan teknologi, manajemen operasi, pergudangan, pengiriman dan linehaul, pembayaran dan parcel collection, pemasaran digital dan dukungan pasca penjualan, sedangkan Trikomsel dengan pengalamannya akan membantu pengembangan toko online diĀ  Indonesia. (bda)

 

Artikel Terbaru