Saturday, March 28, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Evercoss One X: Smartphone Android One yang Ergonomis dan Ekonomis

Evercoss One X: Smartphone Android One yang Ergonomis dan Ekonomis

-

 

Evercoss One X
Evercoss One X

Fokus utama Google untuk menghadirkan smartphone yang bisa dimiliki oleh hampir semua orang terwujud lewat inisiatif Android One. Fokus di pasar negara-negara berkembang, Google berharap konsumen di wilayah ini bisa merasakan sensasi pengalaman menggunakan Android dengan tidak mengambil kocek dana yang besar.

[quote_box_center]

Kelebihan
–    OS Terbaru Android Lollipop
–    Desain ergonomis
–    Kinerja mumpuni
–    Hasil kamera bagus

Kekurangan
–    Lebih mahal dari Android One lain

[/quote_box_center]

Sukses di India, Google melanjutkan proyeknya di Indonesia dengan menggandeng tiga vendor lokal terkemuka yaitu Nexian, Mito dan Evercoss. Setelah kemarin kami ulas Mito Impact A10, kini ada satu lagi smartphone Android One yang masuk ke meja redaksi, yakni Evercoss One X. Berikut adalah hasil review-nya.

Desain

Melihat dari desainnya, Evercoss One X memang tidak jauh berbeda dengan bentuk perangkat Android One milik Nexian maupun Mito. Karena desainnya memang harus mengikuti standard Google. Bedanya Evercoss One X sedikit lebih membulat pada setiap sudutnya.

Ponsel yang menawarkan dua varian warna hitam dan putih ini, didominasi dengan material plastik dengan lapisan dof pada bagian casing penutup belakang. Hal ini membuatnya lebih ergonomis dan nyaman saat digenggam maupun digunakan. Evercoss One X memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, seperti pada perangkat Android One lainnya, ponsel ini memiliki layar 4.5 inchi.

Anda tidak akan menemukan tombol pada bagian depan, karena tombol virtual navigasi akan muncul pada layar. Yang anda temukan hanya lensa kamera depan 2MP dengan lubang earpeace. Untuk menemukan tombol tombol fisik Anda bisa melihatnya disebelah kanan (tombol kontrol volume dan tombol power.

Sedangkan untuk komponen port tersedia dibagian bawah (microUSB dan atas port audio 3.5mm). Di bagian belakang tersedia lensa kamera dengan resolusi 5MP beserta LED Flash dan logo Evercoss ditengan dan lubang speaker dibawah logo Android One.

Layar

Memiliki layar yang tidak begitu luas, Evercoss One X sudah memiliki resolusi 854 x 480 piksel. Tidak hanya itu, layarnya juga sudah mengunakan teknologi In-Plane Switching (IPS) yang membuat pengguna nyaman memandang layar. Karena selain lebih jelas juga memiliki sudut pandang yang luas. Memiliki dukungan multitouch mencapai 10 titik sentuh yang pastinya akan memberi layar lebih responsif ketika menggunakannya.

INTERFACEDibekali dengan OS terbaru Android Lollipop murni, Evercoss One X memiliki tampilan yang leih segar ketimbang ponsel dengan OS sebelumnya. Android Lollipop memiliki tiga tombol virtual sebagai navigasi (back, home dan recent apps). Uniknya pada recent apps, tampilan dibuat seperti komedi putar (carousel) untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan.

Secara default ponsel ini memilki satu widget yang sudah pasti masih dapat ditambahkan sesuai keinginan. Untuk mengkostumisasi tampilan homescreen, masih sama dengan versi Kitkat, yakni dengan mentap layar yang agak lama hingga muncul pengaturan.

Perbedaan lainnya adalah saat akan mengakses notification bar, dimana jika pada versi sebelumnya kita bisa mendapatkan notifikasi sekaligus status koneksi. Pada versi barunya ini google membuat dua kali sapuan untuk mendapatkan informasi ini. Dimana pada sapuan pertama pengguna akan mendapatkan notifikasi, sedangkan pada sapuan berikutnya batu terdapat status koneksi Berbeda dengan versi kitkat.

Memiliki OS terbaru dari Android 5.1 Lollipop, ponsel ini memiliki keuntungan pada dari OS-nya. Karena Google sudah menjanjikan ponsel ini akan mendapatkan update dengan versi terbaru. Dengan OS terbaru, selain sudah dibekali semua layanan Google, Evercoss One X juga dipastikan memiliki kemampuan lebih cepat dibandingkan ponsel yang menggunakan OS sebelumnya.

Kamera

Evercoss One X telah menyediakan kamera belakang 5 Megapiksel dengan flash light dan kamera depan 5 Megapiksel. Kedua kamera ini dapat gunakan baik untuk mengambil foto maupun merekam video hingga resolusi maksimal HD 1080p. Didalamnya masih tersedia fitur kamera yang cukup lengkap seperti HDR, Photosphare, Panorama, Lens Blur dan lainnya.

KameraDari beberapa fasilitas tersebut yang unik adalah dengan pengambilan Photo Sphere, dimana pengguna dapat mengambi foto sekeliling mereka pada setiap angle. Ada juga mode Lens blur, yakni mengambil foto dengan memilik objek yang fokus dan blur.

Melalui kamera yang dimilikinya, ponsel Evercoss One X mampu menghasilkan foto yang cukup baik. Tidak hanya memiliki tingkat fokus yang baik, warna yang dihasilkan juga nampak natural. Apalagi jika mengambil foto dengan kondisi pencahayaan yang cukup.

Hasil Foto:

Anggrek
SepedaKonektivitas

Seperti ponsel Android One lainnya, Evercoss  One X juga memiliki kelengkapan fitur konektifitas yang sama. Evercoss One X sudah dibekali dengan kemampuan dual SIM yang semuanya dapat terhubung pada jaringan 3G dan HSPA, hingga koneksi internet semakin nyaman. Belum lagi sudah tersedianya WiFi 802.11b/g/n yang memudahkan pengguna untuk terhubung pada jaringan Hotspot yang tersedia.

KOneksiKoneksi lainnya masih ada koneksi nirkabel Bluetooth 4.0 dan koneksi kabela data microUSB 2.0. Semua fitur ini dapat dijalankan dengan sempurna tanpa ada masalah.

Kinerja

Untuk pilihan hardware sendiri tidak peru diragukan. Karena sebagai ponsel inisiatif Google, sudah pasti telah masuk standarisasi perusahaan pencarian raksasa  tersebut. Sehingga bisa dipastikan kinerja ponsel handal sesuai standard Google.

Menggunakan OS versi terbaru dari Android, Evercoss One X telah dibekali dengan prosesor Quad Core Cortex A7 1,3 GHz, chipset SoC MediaTek MT6582 dan GPU Mali 400MP2. Didukung dengan RAM 1 GB. Berbekal hardware yang kemampuan ini dianggap pas untuk menjalankan sistem operasinya. Selain itu, One X juga dilengkapi dukungan RAM 1 GB, internal storage 8 GB dan sebuah slot microSD yang dapat menampung hingga 32 GB.

HardwareBerbekal spesifikasi dan OS terbaru dari Android, kinerja Evercoss One X terbilang nyaman digunakan dan smooth saat menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Kami juga mengujinya dengan aplikasi Antutu Benchmark sehingga mampu mendapatkan skor 19 ribu-an. Bemain game juga nyaman meski kami menggunakan game sekelas Aspalt8.

Untuk performa daya, Evercoss telah membenamkan ponsel ini dengan kapasitas baterai sebesar 1780 mAh.  Kapasitas ini dirasa cukup apalagi didalamnya juga menyediakan fitur Battery Saver, sehingga ponsel lebih bertahan lama. (bda)

Latest