Cisco Kolaborasi dengan Microsoft Kembangkan Platform Cloud Integrasi

Ilustrasi cloud mobile (Foto: venturebeat.com)
Ilustrasi cloud mobile (Foto: venturebeat.com)
Ilustrasi cloud mobile (Foto: venturebeat.com)

Jakarta, Selular.ID – Untuk menghadapi tantangan layanan cloud yang kian kompleks, Cisco dan Microsoft memutuskan untuk berkolaborasi. Kedua perusahaan teknologi tersebut baru saja mengumumkan perluasan hubungan cloud dan data center-nya untuk mengakselerasi pengiriman layanan dan merampingkan laju menuju Intercloud bagi para penyedia layanan cloud.

Ada empat teknologi yang saling terintegrasi yaitu solusi Cisco Cloud Architecture, Microsoft Cloud Platform, Windows Azure Pack dan Cisco Application Centric Infrastructure (Cisco ACI). Kolaborasi keempatnya dianggap mampu menghantarkan layanan hybrid cloud dengan cepat serta menyederhanakan operasi dan mengurangi biaya. Sebagaimana kebutuhan layanan cloud sekarang ini yang memerlukan kompatibilitas antar perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, storage, dan komputasi.

Sebagai informasi, saat ini Cisco tengah membangun Intercloud, yakni jaringan antar cloud yang saling terhubung secara global. Dibangun untuk Internet of Everything, Intercloud dirancang untuk beban kerja (workload) aplikasi yang bernilai tinggi, real-time-analytic, skalabilitas yang ‘nyaris tak terbatas’ dan compliancre dengan regulasi terkait kedaulatan data lokal. Saat ini jumlah penyedia layanan Intercloud mencapai lebih dari 60 partner dengan rekam jejak di lebih dari 350 data center di 50 negara yang diklaim merupakan jaringan antar “awan” terbesar di dunia.