spot_img
BerandaDevicesSmart CameraSamsung NX1, Kamera Mirrorless Premium dengan Multi Koneksi

Samsung NX1, Kamera Mirrorless Premium dengan Multi Koneksi

-

Samsung NX1
Samsung NX1

Bangkok, Selular.ID – Menjelang ajang tahunan Samsung Forum 2015 yang akan digelar besok Kamis (12/2/2015), Samsung kemarin sudah memamerkan kamera pintar terbarunya Samsung NX1 kepada sejumlah media dari Indonesia. NX 1 adalah line-up terbaru dari rangkaian mirror-less camera dari Samsung NX yang dirancang sebagai kamera premium, dengan teknologi dan kapabilitas yang kian telah ditingkatkan.

Selular.ID berkesempatan untuk mencicipi langsung kecanggihan kamera yang menurut rencana akan dipasarkan di Indonesia pada bulan Maret ini. Dilihat dari desainnya, ini di luar
perkiraan kami yang mana kamera mirrorless identik dengan body yang mungil, ramping dan enteng. Seukuran dengan kamera pocket, namun setangguh kamera DSLR. Begitulah kebanyakan konsep kamera mirrorless saat ini. Alih-alih mengikuti model yang ada di pasar, NX1 justru tampil dengan body yang cukup lebar dan berat. Sangat mirip dengan kebanyakan model kamera DSLR. Rangka Samsung Smart Camera NX1 terbuat dari magnesium alloy yang diklaim memiliki daya tahan tinggi.

Gregory Augusta, Product Marketing Digital Imaging Samsung Indonesia berdalih kalau mirrorless itu teknologi kamera, bukan desain. “Sekarang ini trend-nya kamera mirrorless interchangable camera, terlepas dari desainnya seperti apa. Seperti dulu smartphone yang masih sedikit, namun sekarang semuanya smartphone,” ujar Gregory saat workshop NX1 di Baiyoke Sky Hotel, Bangkok (9/2/2014).

Secara teknis, NX1 memiliki struktur BSI APS-C size 28 Mega Pixel CMOS yang bisa merekam video 4K. Layarnya memakai jenis AMOLED berukuran 3 inchi seperti yang dipakai di beberapa ponsel Samsung. Kamera ini mampu menangkap momen dalam kecepatan 15 fps Continous Shooting with AF yang juga didukung oleh High Speed Imaging Engine DRIMe V. Diklaim mampu menghasilkan gambar yang tajam dan fokus, berkat adanya titik-titik 205 P.D AF yang memenuhi seluruh area layar, baik horisontal maupun vertikal. “Kamera ini mampu beroperasi dengan ISO tingkat tinggi, namun tetap menghasilkan ‘noise’ terendah berkat Adaptive Noise Reduction Technology. Selain itu titik-titik ‘phase detection’ yang tersebar di seluruh layar gambar memampukan kamera tetap fokus dan menangkap subyek yang tidak berada di tengah layar,” katanya berpromosi.

Baca juga :  Lengkapi Jajaran Perangkat IoT, Erajaya Bawa Smart IP Cam Terbaru Harga Rp300 Ribuan

Terlepas dari banyaknya fitur fotografi yang melimpah, satu hal yang menjadi perhatian Selular.ID adalah konektivitas. Rupanya kamera ini sudah dilengkapi dengan fungsi konektivitas yang tergolong memadai. Terdapat tiga teknologi yang mendukung di NX1 yaitu Wi-Fi, Bluetooth dan NFC. “Konektivitas dengan perangkat Samsung lainnya, atau platform lainnya tentu saja akan membuka kesempatan bagi para penggunanya. Mereka dapat berbagi gambar yang mereka tangkap dan kurasi sendiri, berbagi di social media ,dikirimkan kepada orang lain atau digunakan dalam sebuah kolaborasi dengan pihak lain,” jelas Greg.

Baca juga :  Ini Waktu Peluncuran Samsung Galaxy S21 FE

Agar bisa terhubung ke smartphone, pengguna perlu untuk menginstall aplikasi Samsung Camera Manager. Proses koneksi antar perangkat tergolong lancar terutama jika perangkatnya sudah mendukung NFC karena tinggal tap body belakang ponsel dengan body samping kamera yang ada ikon N di samping slot kartu SD.

Ada beberapa menu di aplikasi ponsel yang terseda yaitu MobileLink, Remote Viewfinder, Bluetooth Shutter, Quick Transfer, Pro Suggest Market dan Settings. Namun saat akan mengakses menu tersebut, harus melalui proses koneksi lagi yang memakan waktu dan terkadang gagal. Jika kamera atau ponsel iddle sebentar saja, koneksi langsung terputus (disconnect) sehingga harus mengulan koneksi lagi yang kadang butuh waktu lama. Untuk fitur Remote Viewfinder bekerja dengan cukup baik walau terasa ada lag pada interface-nya. Kita bisa memerintahkan untuk memotret dan melakukan pengaturan kamera langsung dari ponsel. Saat dicoba mengakses Bluetooth Shutter, ternyata kamera NX harus diupdate firmware sehingga belum bisa digunakan. Transfer foto di kamera menuju ponsel tergolong cepat melalui Quick Transfer. Walau sudah menyiapkan aplikasi dan konektivitas, namun Samsung masih perlu meningkatkan performanya agar lebih mulus.

Samsung masih belum merilis harga resmi dari kamera yang menurut rencana akan dipasarkan di Indonesia pada Maret mendatang ini. Namun, Greg memberi bocoran harga untuk kameranya saja (body only) yakni di kisaran Rp 19 jutaan. Anda Tertarik?

spot_img

Artikel Terbaru