Friday, September 20, 2019
Home News Rumour Asyik! Google Rencanakan Akses Data Gratis Bagi Pengguna Android One

Asyik! Google Rencanakan Akses Data Gratis Bagi Pengguna Android One

-

Android-One
Jakarta, Selular.ID – Target penjualan Android One memang membidik pasar negara berkembang seperti India, Bangladesh, Srilanka, dan juga Indonesia. Di samping harga murah, ternyata proyek inisiatif Android One juga bakal menawarkan ‘zero-rating’ alias akses ke aplikasi lebih murah atau bebas data.

Strategi zero-rating bertujuan agar Google mampu menjual smartphone lebih banyak di negara berkembang, di mana cakupan mobile data cenderung kurang stabil serta relatif mahal. Upaya ini memberikan saluran untuk mengakses ke layanannya tanpa harus mengurangi data atau biaya internet.

Dalam proyek zero-rating, Google akan bertindak sebagai perantara antara pengembang aplikasi dan operator. Ketika seseorang mengunduh atau menggunakan suatu aplikasi di Android, Google dapat membayar data yang dilalui melalui aplikasi tersebut. Raksasa teknologi asal yang bermarkas di Mountain View itu akan mengutamakan beberapa aplikasi yang paling populer, seperti WhatsApp dan Facebook, untuk para pengguna Android One di negara berkembang.

Sehingga dengan aplikasi bebas biaya data itu, Android One yang dibanderol di harga Rp1 jutaan bisa semakin banyak meraup pengguna yang gemar ber-internet.
(Baca juga: Pedagang Sayangkan Android One Hanya Dijual Eksklusif di Toko Online)

Zero-rating bukanlah konsep baru sama sekali. Ini adalah praktek yang operator seluler di pasar negara berkembang sering lakukan secara teratur untuk meningkatkan basis pelanggan mereka. Sejauh ini, proyek Android One di Tanah Air bisa dibilang cukup sukses, mengingat beberapa vendor lokal sudah menggelar pre-order produknya sebanyak dua periode, dengan masing-masing tahap pertama laris manis ribuan unit. (bda)

Latest