Sunday, November 17, 2019
Home News Telco Mencicipi Kejernihan Fitur HD Voice Indosat di Bekasi

Mencicipi Kejernihan Fitur HD Voice Indosat di Bekasi

-

HDVoice1Jakarta, Selular.ID – Untuk memberikan pengalaman menggunakan layanan voice yang berkualitas, Indosat beberapa waktu lalu telah menghadirkan fitur HD voice untuk layanan suaranya. Selular.ID berkesempatan mencoba layanan ini di sepanjang jalur kereta api Jakarta – Bekasi.

Fitur HD voice ini dapat menghasilkan kualitas suara percakapan yang jernih tanpa adanya noise (suara gangguan di sekitar) dengan mengaktifkan Adaptive Multi Rate Wideband (AMR WB) yang memungkinkan pengunaan frekuensi unuk aplikasi voice dari maksimum 3400Hz menjadi dua kalu lipat yaitu 7000 Hz.

Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat menjelaskan bahwa penggunaan fitur HD Voice ini tidak membebani jaringan yang ada. “Jaringan tidak terpengaruh dengan adanya fitur ini, Succes Call Rate (SCR) juga tidak akan terpengaruh”, jelasnya.

Dari hasil pengujian menggunakan kereta wisata ini layanan HD Voice Indosat di sepanjang jalur Jakarta – Bekasi berfungsi dengan baik dan kualitas suara yang dihasilkan juga sesuai dengan yang dijanjikan. Sebagai informasi kereta wisata ini mempunyai tingkat redaman yang lebih tebal jika dibandingkan dengan gerbong kereta lainya. Tingkat redaman di gerbong wisata ini mencapai 11db sedangkan dii gerbong lain hanya 3db saja.

Dalam drive test ini juga diukur kualitas layanan suara (MOS). Pada skala 4 – 5 diperoleh hasil 49 persen. Sedangkan untuk skala 3 – 4 hasil yang didapatkan  sebesar 39 persen. Operator lain dari hasil penukuran maksimum hanya di 44 persen saja.

Fitur HD voice ini dihadirkan Indosat untuk memberikan pengalaman dalam menggunakan layanan suara yang menyenangkan mengingat layanan suara masih banyak diminati oleh pelanggan selular.

Bagi Indosat dan juga operator lain layanan suara ini bahkan masih jadi penopang utama bisnis perusahaan dengan revenue yang masih dominan.

Hasil drive test Indosat Jakarta - Bekasi
Hasil drive test Indosat Jakarta – Bekasi

Latest