Friday, April 10, 2020
Home Insight Konten Video Terbukti Banyak Diminati

Konten Video Terbukti Banyak Diminati

-

The world is oursJakarta, Selular.ID – Di era layanan data saat ini muncul tren penggunaan big data dimana konten berupa video bakal lebih banyak digemari oleh para netizen. Tren tersebut mulai terlihat dari banyaknya pengguna sosial media yang memposting ataupun menonton video yang di-share di halaman media sosialnya melalui perangkat mobile.

Hal ini juga menunjukkan adanya pergeseran bahasa visual dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di seluruh dunia. Pergeseran ini melibatkan bahasa universal baru – dalam bentuk visual baik foto, emoji, stiker maupun video dan pertumbuhan mobile.

Berdasarkan data dari eMarketer, dalam kurun waktu dua tahun, konsumsi video pada perangkat mobile telah meningkat sebesar 532 persen untuk antar platform. Sedangkan data dari Cisco System menunjukkan bahwa keseluruhan penggunaan video di perangkat mobile diperkirakan meningkat hingga 14 kali lipat selama tahun 2013 – 2018.

Bagi para pemasar, mobilitas yang ditawarkan di era layanan data ini memberikan brand lebih banyak peluang untuk menjangkau pasarnya secara visual dan tanpa mengenal perbedaan bahasa melalui layar smartphone yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun.

Contohnya seperti Coca Cola yang menggunakan video di Facebook untuk mendorong keterikatannya dengan anak-anak muda di Indonesia selama FIFA World Cup 2014. Video klip yang diadaptasi dari tema global Coca Cola, “The World is Ours” telah ditonton sebanyak 1.48 juta kali dalam waktu kurang dari 5 minggu dan menjangkau 32 perssen dari target market, berusia di bawah 29 tahun.

Di Facebook, pertumbuhan jumlah konten video beberapa tahun terakhir meningkat cukup signifikan. Berdasarkan informasi yang didapat Selular.ID dari Facebook, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah post video per orang meningkat sebesar 75 persen secara global dan 94 persen di Amerika Serikat.

Video dari pengguna dan brand di News Feed telah meningkat 3,6 kali setiap tahunnya secara global. Rata-rata, lebih dari 50% pengguna Facebook di Amerikat Serikat menonton paling tidak satu video setiap harinya.

Proporsi signifikan berkaitan dengan konsumsi video di Facebook melalui perangkat mobile mencapai 65 persen secara global.

Dengan orang membuat, mem-posting, dan berinteraksi dengan lebih banyak video, komposisi konten pada News Feed pun berubah dan menunjukan adanya evolusi perilaku. Bahkan berdasarkan nformasi yang didapat dari Facebook, saat ini 76 persen penduduk Amerika Serikat yang menggunakan Facebook mengaku cenderung menemukan video untuk ditonton melalui Facebook.

TERBARU

Bantu Tunanetra, Google Luncurkan Braille Keyboard ‘Talkback’

Jakarta, Selular.ID - Google baru saja mengumumkan keyboard yang baru diluncurkannya, yakni sejenis Braille. Papan...

Menilik Lebih Dalam Kemampuan Kamera Oppo Find X2 Series...

Jakarta, Selular.ID - Besaran Megapiksel tak selalu menjadi tolak ukur kualitas kamera, melainkan ada...

Huawei Mempertimbangkan Chipset 5G dari Samsung dan MediaTek

Jakarta, Selular.ID - Larangan perdagangan antara Huawei dan AS mempengaruhi kedua belah pihak. Banyak...

Latest