Beranda News E-Commerce Jurus Efektif "Buka Lapak" Online Via Smartphone

Jurus Efektif “Buka Lapak” Online Via Smartphone

-

Ilustrasi Online Shopping, Foto: qrcodepress.com/
Ilustrasi Online Shopping, Foto: qrcodepress.com/

Jakarta, Selular.ID – Android, iPhone, dan BlackBerry, ketiganya kini sedang populer di pasaran gadget, tak terkecuali di Indonesia. Ponsel seakan-akan sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tidak terpisahkan di era informasi ini.

Teknologi semakin berkembang, begitu juga dengan bisnis. Sebagai gadget yang sering digunakan dalam menunjang kebutuhan sehari-hari, smartphone tentunya mempunyai potensi besar untuk mendukung bisnis. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan barang dagangan Anda dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen, adalah bagaimana cara mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau seorang penjual berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya calon pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko tersebut. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing bakal memperluas wilayah pemasaran Anda juga.

Berikut kami sajikan langkah-langkah membangun bisnis secara efektif dan efisien melalui smartphone:

  1. Jika Anda masih baru dan belum punya banyak kontak, mulailah meng-invite kontak-kontak yang relevan dengan produk yang Anda jual. Atau sebar nomor telepon, nomor WhatsApp, username aplikasi chat, hingga PIN BlackBerry Anda untuk menjaring konsumen.
  2. Pasang foto barang dagangan di Display Picture (khusus BlackBerry), avatar WhatsApp, iMessages, dan chat aplikasi lainnya. Messenger ini adalah cara tepat dan cepat untuk berkomunikasi sehingga Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas
  3. Upayakan nomor telepon atau aplikasi chatting Anda selalu dalam keadaan aktif. Salah satu penentu tingkat penjualan produk adalah kemudahan penjualnya saat dihubungi oleh calon pembeli.
  4. Instal jejaring sosial di smartphone dengan harapan menjaring massa lebih banyak. Antara lain Facebook, Twitter, Flipboard, Path, dan lain-lain. Bila ada notifikasi seputar pertanyaan atau pemesanan di sana, Anda bisa langsung mengetahui dan meresponnya secara cepat. Penting disini, layanan internet juga selalu aktif. Anda bisa mengaktifkannya secara harian, mingguan, hingga bulanan.
  5. Hindari penggunaan emoticon, huruf-huruf aneh, auto text yang susah dibaca untuk nama/produk Anda. Gunakan text standar saja. Karena karakter yang aneh hanya akan membuat mereka sulit mencari nama kontak Anda ketika mereka membutuhkan
  6. Fungsikan fasilitas Grup, tapi jangan terlalu banyak, agar ponsel tidak menjadi lemot dan kesulitan mengelolanya. Kirim konten segar, sederhana, dan mudah dicerna. Baiknya, seminggu sekali atau dua kali seminggu.
  7. Isi display dengan kalimat yang mengundang konsumen tertarik. Seperti “Limited Edition”, “Diskon Besar-Besaran”.
  8. Sesekali berikan promo special untuk suatu produk. Tidak dipungkiri calon pembeli lebih mengharapkan harga diskon ketimbang harga normal. Ada baiknya berikan harga khusus setiap beberapa bulan sekali atau saat hari perayaan sesuatu.
  9. Tumbuhkan rasa saling percaya dengan pelanggan. Berjualan via smartphone sejatinya antara pedagang dan calon pembeli tidak saling bertatap muka. Tidak sedikit kasus penipuan yang terjadi. Sebagai jurus utama menggaet pembeli, adalah pertahankan repeat order, bukan first order.

Artikel Terbaru