Monday, August 26, 2019
Home News Jurus Alcatel Sukses Pasarkan One Touch Flash

Jurus Alcatel Sukses Pasarkan One Touch Flash

-

Eko Susanto, Marketing Maager Alcatel Indonesia jelaskan strategi Alcatel di 2015, (foto: Choi/Selular.ID)
Eko Susanto jelaskan strategi Alcatel di 2015, (foto: Choi/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Antusiasme pasar terhadap penjualan Alcatel One Touch Flash secara online, bisa dibilang positif. Pernah dilepas 1.000 unit ke situs jual beli Lazada dan telah disapu bersih, kini digelar periode kedua (second-base) yang menampung kapasitas 3.500 unit, sehingga berarti ada permintaan hingga tiga kali lipat dari sebelumnya. Bagaimana Alcatel bisa begitu mudah menggaet konsumen padahal kerap dijuluki “vendor ponsel yang timbul-tenggelam?”

Kepada Selular.ID (28/1/2015), Eko Susanto, Marketing Manager Alcatel Indonesia, membeberkan strategi perusahaan saat ini yang akan menjangkau pasar Tanah Air tanpa mengikuti ketentuan dari kantor pusat di Perancis. “Konsep (pemasaran instan) di Eropa tuh tidak bisa dibawa ke Asia. Kita sudah coba di kuartal pertama di 2014 dengan Idol X dan Pop-series,” tutur Eko saat dijumpai di sebuah cafe di bilangan Jakarta Selatan. Menurutnya, sebuah produsen handset bisa menerapkan penjualan instan bagus asal memiliki brand awareness dan brand acknowledge.

“Brand Alcatel memang kencang di luar negeri, tapi di Indonesia mana?” tambahnya. Usai bergelut dengan survey pasar, maka kemudian muncul analisa ‘pricing does matter’ atau harga yang menentukan. Alcatel Indonesia berkomitmen bakal menentukan strategi sendiri, yang sesuai dengan iklim pasar ponsel di negeri ini mulai dari harga, spesifikasi, dan keinginan customer.

“Jangan samakan Eropa dengan Asia Pasifik, malah sekarang Asia Pasifik yang mempengaruhi Eropa,” tuturnya. Selama tiga bulan, Alcatel Indonesia menggodok strategi pemasaran ini dan akhirnya diterapkan pada penjualan One Touch Flash.

Bukan hanya menjual One Touch Flash di situs e-commerce saja, Alcatel juga bahkan menggelar online service centre. Tujuannya, untuk menggapai konsumen secara end-to-end. Untuk menyampaikan keluhan dan saran, pengguna bisa melakukannya melalui aplikasi terdedikasi atau social media resmi kepunyaan Alcatel. Selanjutnya, pihak customer service bakal menelepon langsung ke nomor pengguna guna menindaklanjuti sampai masalah teratasi. Sistem online service center ini hanya berlaku bagi pemegang smartphone One Touch Flash saja.

Menyinggung target ke depan, Alcatel berharap bisa mengapalkan 250.000 unit One Touch Flash ke seluruh Indonesia.

Latest