Tembus 2 Juta Download, Aplikasi PropertyGuru Kukuhkan Popularitasnya di Asia Tenggara

Aplikasi Rumah.com besutan PropertyGuru untuk pasar Indonesia.
Aplikasi Rumah.com besutan PropertyGuru untuk pasar Indonesia.
Aplikasi Rumah.com besutan PropertyGuru untuk pasar Indonesia.

Jakarta, Selular.ID – Platform jual beli hunian PropertyGuru Group menandai pencapaian baru dengan menembus angka lebih dari 2.000.000 download untuk aplikasi mobile di Singapore, Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Pencapaian ini dianggap menegaskan strategi sebagai pionir pencarian properti melalui peranti bergerak dan ponsel.

Aplikasi PropertyGuru tersedia untuk sistem operasi berbasis android, iOS, BlackBerry dan mobile site yang memiliki tiga jenis versi bahasa yaitu Inggris, Indonesia dan Thailand guna memenuhi kebutuhan masing-masing negara. “Aplikasi kami menyediakan akses instan ke lebih dari satu juta listing properti di keempat negara,” ujar CEO dan pendiri PropertyGuru Group, Steve Melhuish dengan bangga.

Steve menjelaskan ada fitur baru di aplikasinya yaitu pencarian geo-strategis berdasarkan lokasi saat ini untuk memberikan pengalaman pencarian properti yang berbeda. “Aplikasi untuk agen juga menawarkan kenyamanan dan efisiensi untuk yang sibuk dan banyak beraktivitas di luar ruangan,” katanya.

Menurut Steve, pencapaian ini sekaligus menunjukkan pergeseran yang kuat dalam perilaku konsumen di Asia tenggara saat mencari properti. Keberhasilannya di mobile industry bersamaan dengan berkembangnya tren pencarian menggunakan ponsel di Asia, yang hingga saat ini menjadi pemimpin di dunia.

Dengan adanya kemudahan menggunakan aplikasi mobile, memberikan peluang  perusahaan agar dapat menjangkau langsung ke konsumen. Di negara berkembang seperti Thailand dan Indonesia, sudah menjadi bagian dari aktivitas keseharian untuk menggunakan ponsel sambil memerhatikan percakapan yang terjadi di media sosial. Maka tidak mengherankan bila dua negara ini mengalami pertumbuhan terpesat.

Untuk pasar Indonesia, mereka menyediakan aplikasi Rumah.com yang hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 520.000 kali. Lebih dari 2,5 juta halaman dikunjungi setiap bulannya. Rumah.com yang lahir 2007 menjadi bagian dari PropertyGuru sejak diakuisisi pada Maret 2011. Pihak Rumah.com mengungkapkan sampai saat ini memiliki lebih dari 320.000 listing, mengklaim sebagai website dengan jumlah properti terbanyak yang pernah ada.
(Baca: Benarkah Jokowi Larang Startup Lokal Terima Investasi Asing?)