Taiwan, Selular.ID – Raksasa elektronik negeri ginseng, Samsung, mengadakan konferensi pers di Taiwan hari ini guna mengumumkan smartphone Galaxy A5 dan Galaxy A3 resmi hadir untuk pasar tersebut. Galaxy A5 sendiri, sudah lebih dulu dijajakan di daratan Tiongkok dan Rusia. Dan sekarang handset mendarat di Taiwan bersama saudara mungilnya yang lebih lemah. Galaxy A3 dijual dengan harga TWD 8990, yaitu sekitar Rp3,7 juta, sedangkan A5 akan dijual seharga TWD 11.990 (Rp5 juta).

Kedua ponsel hadir dengan spesifikasi sama dengan yang meluncur di pasar lain. Keduanya juga mengusung bodi berbalut logam, yang bisa dikatakan akan menjadi ciri khas handset A series mendatang dari Samsung.

Termasuk dalam kategori menengah, Galaxy A3 mengandalkan layar sentuh Super AMOLED berdimensi 4,5 inci dengan rasio 540×960 pixel. Disokong kamera belakang 8 MP dengan LED flash, kamera sekunder 5 MP, dan baterai berdaya 1.900 mAh. Di sektor inti, A3 dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 410, dengan CPU quad-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1,2 GHz, dibantu 1.5GB RAM. Penyimpanan internal 16 GB, dan perangkat sudah mengadopsi Android 4.4.4 KitKat.

Sedangkan saudara tuanya, Galaxy A5, menampilkan layar sentuh juga Super AMOLED berdiagonal 5.0 inci resolusi 720p, kamera utama 13 MP, 2GB RAM, dan baterai 2.300 mAh. Selain yang disebutkan, lembar spesifikasinya identik dengan Galaxy A3.

Saat dihubungi, divisi Mobile Samsung tidak bisa memberi keterangan apakah kedua handset di atas juga akan menyambangi pasar Indonesia. Shinta Wardiastuti, PR Manager PT Samsung Electronics Indonesia, kepada Selular.ID (16/12/2014), menyatakan, hingga saat ini belum ada list produk yang pasti masuk Indonesia. “Kalau sudah ada kepastian, tentu akan kami kabari,” kilahnya.