Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Asus Padfone S: Kombinasi Unik Smartphone dan Tablet

Asus Padfone S: Kombinasi Unik Smartphone dan Tablet

-

Smartphone + tablet docking Asus Padfone S
Smartphone + tablet docking Asus Padfone S

[quote_box_right]

Spesifikasi Lengkap

Ulasan Pembaca

[/quote_box_right]Tidak seperti seri sebelumnya, untuk jenis Padfone S, Asus memperkenankan pengguna untuk bebas memilih apakah akan membeli smartphone saja, atau smartphone yang dipaket dengan docking station. Fiturnya sendiri terbilang komplit dengan kinerja yang berkelas.

DESAIN

Seperi seri sebelumnya, Padfone S masih menggunakan material berbahan doff. Untuk menampilkan kesan elegan dan berkelas, produk ini diberi bezel sekeliling yang terbuat dari aluminium. Asus Padfone disebut-sebut Super Durable, karena dalam pengujian, perangkat mampu bertahan setelah terbanting dari ketinggian 1,5 meter ke permukaan baja dan tahan air dengan standar IPX2. Saat digenggam konstuksi bodinya terbilang proporsional.

PADFONE STATION

Faktor pembeda antara Padfone S dengan smarphone lain, tentu saja kemampuannya bertranformasi menjadi sebuah tablet. Tinggal tancapkan Padfone S ke docking tablet atau disebut Padfone Station, simsalabin ponsel ini otomatis menjadi tablet. Bodi Padfone Station juga menggunakan material dof yang kesat dengan warna dasar yang senana. Saat produk ini berubah menjadi tablet, harus diakui bobotnya tergolong cukup berat mencapai 514 gram.

Catatan: Tidak perlu khawatir saat menggunakan station ini karena ponsel terpasang dengan aman dan kencang. Tanpa dipasangkan smartphone, docking tidak dapat dioperasikan sama sekali.

LAYAR

Padfone S mengemas layar 5 inchi berkedalaman 16 juta warna. Teknologi layarnya tergolong mutakhir karena mengadopsi Super Vivid. Artinya, selain menggunakan layar jenis IPS+, resolusi yang didukung juga Full HD 1920×1080 pixel dan ketajaman piksel 441ppi. Layar pun telah diberi perlindungan lapisan anti gores dari Corning Gorilla Glass.

KAMERA

Padfone S memiliki kamera utama 13MP dan lensa sekunder 2MP. Kamera sudah dibekali kemampuan autofokus, LED flash, serta bukaan f/2.4. Jika sudah menjadi tablet, lensa utama memiliki 5.5MP dan sekunder 1MP. Antarmuka menu kamera ini memiliki pilihan pengaturan yang lengkap dari berbagai mode pengambilan gambar, efek filter, resolusi, flash, dan lainnya. Secara umum fasilitas tambahan dimenu imaging, tergolong masih standar. Saat mengambil foto, kamera terbilang gesit dalam menangkap momen. Kamera ini dapat mengambil gambar dengan rasio 4:3 dengan resolusi penuh 13MP dan rasio 16:9 resolusi penuh 10MP.

VIDEO

Masih terkait dengan menu imaging, khususnya gambar bergerak. fasilitas video recording di PadFone S mempunyai apa yang disebut sebagai Super Video. Fitur ini memungkinkan smartphone anyat ini mampu merekam video dengan resolusi 4K Ultra HD (3940×2160). Hal tersebut dimungkinkan lantaran fitur video recordernya dipersenjatai kamera ASUS PixelMaster. Begitu jendela video dibuka, detik perekaman langsung berjalan. Bukan hanya merekam video saja, Anda juga bisa memotret objek yang direkam secara langsung dalam sekali sentuh. Fitur pendukung video antara lain miniature, slow motion, dan high speed.

MUSIK

Beralih ke fitur Audio. Pemutar musik di ponsel berbasis Android ini tergolong masih standar. Untuk menyiasati kualitas musik, pihak vendor menyiasatinya dengan fitur tambahan yang cukup lengkap. Pemutar musik dibekali equalizer dengan setting manual yang ditambahkan efek 3D sound. Terdapat juga Audio Wizard, untuk mengelola audio di ponsel ke beragam mode seperti music, movie, recorder, gaming, dan speech mode.

Catatan: Walau memiliki nama fitur tambahan musik yang berbeda, secara fasilitas setting audionya tergolong masih sama. kualitas audionya tergolong biasa saja, tidak jelak tapi juga tak istimewa.

FITUR TAMBAHAN

Saat menggenggam ponsel Padfone S, tak perlu lagi mencari pulpen dan kertas. Sejumlah aplikasi catatan menghiasi smartphone ini. Sebut saja Quick Memo, Super Note, Do It Later, dan What’s Next. Mendukung peran office, dalam paketnya Asus telah memberikan cloud storage yang diberi label Asus WebStorage. Aplikasi ini memberi penawaran untuk menyimpan file hingga 50 GB.

KONEKTIVITAS

Konektivitas menjadi sesuatu yang amat diandalkan di Asus Padfone S. Untuk kemampuan internet mampu dipacu hingga HSPA 42.2 Mbps dan HSUPA 5,76 Mbps. Untuk jaringan lokal, fitur Super WiFi mendukung teknologi wireless terbaru yakni 802.11ac yang menghadirkan kecepatan hingga tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan WiFi 802.11n. Ada juga fitur Data Transfer, PC Link, Bluetooth versi 4.0, dan NFC (near field communication).

KINERJA

Walau belum dibekali dengan prosesor Octa-core, ternyata kinerja Asus Padfone S yang hanya memiliki prosesor Quad-core tergolong memuaskan. Memang saat berubah menjadi tablet, terkadang transformasi dari layar smarrtphone ke docking terasa belum begitu secepat Padfone 2. Namun hal itu tidak sesuatu yang perlu dipersoalkan. Secara keseluruhan, dapur pacu Padfone S menggunakan prosesor Quad-core 2.3GHz berchipset Snapdragon 801, plus RAM 2GB dan GPU Adreno 330. Dalam versi yang kami coba, Padfone sudah menggunakan Android 4.4.2 KitKat.

BATERAI

Pasokan tenaga Asus Padfone S diakomodir dua jenis baterai. Versi smartphone dijejali baterai non-removable Lithium Polymer 2.300 mAh. Sedangkan pada sisi docking terdapat baterai tersendiri dengan kapasitas 4.990mAh.

Buyer's Guide

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait