Thursday, June 20, 2019
Home News Yaliny, Teknologi Integrasi Sistem Satelit ke Smartphone

Yaliny, Teknologi Integrasi Sistem Satelit ke Smartphone

-

7 May 2014 11:00

Teknologi komunikasi mobile sangat berperan penting dalam menghubungkan komunikasi jarak jauh tanpa kabel (nirkabel) bagi orang-orang yang terpisah oleh jarak maupun waktu. Namun, sangat disayangkan layanan ini belum tersedia di beberapa daerah terpencil di dunia. Di area minim jaringan tersebut satelit merupakan satu-satunya pilihan dalam cakupan global. Bila kini masih terpaku dengan satelit besar, ada solusi cemerlang untuk menggunakan smartphone dalam konjungsi dengan satelit.

Startup asal Rusia, Yaliny berencana untuk meluncurkan jaringan satelit sendiri. Berkat program tersebut, maka memungkinkan pengguna smartphone untuk menghindari penyedia komunikasi tradisional dan komunikasi akses satelit. Sistem ini mendukung secara baik dua sistem operasi mobile iOS dan Android. Setiap smartphone setidaknya menggunakan platform iOS versi 7.1 atau Android 2.3.x, untuk dapat terhubung ke sistem satelit menggunakan hardware perantara Yaliny dan aplikasi pendamping gratis.

Perantara hardware yang dijuluki ‘Yaliny Point,’ dibuat guna mampu beroperasi dengan smartphone. Alat ini akan tersedia seharga US$ 150, dan selanjutnya bakal dikenakan biaya bulanan US$ 10. Yaliny Point diklaim mampu bertahan hingga waktu sepuluh jam menggunakan ponsel termasuk mengakses web, melalui koneksi WiFi atau Bluetooth.

Yaliny berharap bisa meluncurkan 135 satelit pada orbit bumi rendah (LEO) untuk memberikan cakupan seluruh dunia dan bandwidth yang cukup untuk menawarkan kecepatan setiap pelanggan hingga 2 Mbps (megabyte per detik), termasuk download dan upload. Dibutuhkan antara 30 – 40 stasiun bumi untuk membantu dalam routing panggilan telepon dan transmisi data. Saat ini, Yaliny tengah menggalang dana di Indiegogo sebelum perangkatnya memasuki proses produksi massal. Janjinya produk bakal dipasarkan pada bulan September 2016. (Choi)

selular14321982220140506151342

Sumber : http://yaliny.com/

Latest