22 July 2013 09:30
Macet yang melanda jalan raya di kota besar membuat sebagian besar pengendara beralih dari mobil ke sepeda motor. Selain berbahan bakar bensin, sepeda motor juga ada yang berbahan bakar gas, serta motor listrik. Terra Motors, perusahaan startup dari Tokyo yang baru saja diluncurkan tuk-tuk listrik, kini kembali meluncurkan sesuatu yang jauh lebih menarik, yakni sebuah skuter listrik dengan dock iPhone.

Model A4000i dapat terhubung ke iPhone untuk menampilkan data di layar handphone mengenai konsumsi daya, sisa daya baterai, kecepatan rata-rata, dan jarak tempuh, serta informasi navigasi melalui sebuah aplikasi. Terra Motors menyebutnya sepeda pertama dari jenisnya yang akan diproduksi massal, dan rencana perakitan di sebuah pabrik di Vietnam mulai pada bulan Desember mendatang.

Sepeda motor listrik dengan dock iPhone ini ditujukan untuk pasar di negara-negara Asia, di mana skuter terkonsentrasi, saat membengkaknya biaya bahan bakar dan polusi di kota-kota besar. Terra Motors menyebutkan kalau data pengendara juga bisa digunakan untuk melacak pola lalu lintas dan membantu meningkatkan perencana kota metropolitan yang penuh sesak oleh Dinas Lalu Lintas setempat.

Terra Motors A4000i memiliki dua kursi dengan jangkauan rata-rata sekitar 40 mil. Baterai lithium-ion (bisa dilepaskan) membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam untuk isi ulang dan bisa dipakai hingga 31.000 mil. Terra mengatakan rancangannya jauh lebih baik daripada skuter listrik saingannya dari Cina. Biaya listrik di Jepang sekitar Rp1.200 per kWh dan bensin sekitar Rp54.000 per galon, maka sepeda motor ini bisa menghemat uang pengendara lumayan besar, bahkan jika dibandingkan dengan skuter bertenaga gas sekali pun.

Terra Motors menargetkan untuk menjual 2.000 unit A4000i dengan harga jual sekitar $4500 (Rp45 juta). Memang banderol itu lebih mahal daripada harga rata-rata motor-matic di mana saja, namun Terra berharap daya tahan dan kualitas motor besutannya bisa menjadi daya tarik bagi pengendara.

Bagaimana menurut Anda, apakah naik skuter yang bisa terhubung ke smartphone menggugah jiwa gadget freak Anda? (Nis)

 

Sumber : http://news.cnet.com (11/7/2013)