26 March 2013 11:00
Berbagai vendor handset nampaknya sedang tertarik terjun di proyek Smart Watch. Sebut saja Samsung, Sony, dan Apple (iWatch). Ketiganya diisukan sibuk mendesain gadget tersebut, disamping memproduksi smartphone. Coba ikuti trend pasar, proyek ini pun tengah dikerjakan oleh mesin pencari data terbesar di dunia, Google. Dikutip dalam sebuah postingan blog FT (21/3/2013), disebutkan Google sedang mempersiapkan gadget Smart Watch dengan sistem operasi Android.

Sumber yang menyebut sebagai “orang yang ikut dalam briefing proyek”, mengatakan bahwa smartwatch Android bukanlah proyek yang sama seperti yang dikonfirmasi oleh eksekutif wakil presiden Samsung Lee Young-Hee. Proyek ini bukanlah hasil dari divisi X lab yang membuat device experimental seperti Google Glass. Sehingga bisa dipastikan Smart Watch buatan Google tidak akan memakan waktu terlalu lama untuk muncul di pasar.

Dikabarkan, proyek ini dipimpin langsung oleh tim Android, yang diduga akan menghasilkan pendamping smartphone mirip dengan upaya Apple dan Sony untuk menghubungkan jam tangan digital tersebut dengan smartphone melalui Bluetooth. Google Smartwatch kemungkinan juga akan berpasangan dengan smatphone Android, sehingga memungkinkan pengguna untuk melihat pesan dan notifikasi panggilan masuk terpampang di layar jam.

Berita ini masih berupa spekulasi, sehingga pihak Google sendiri tidak mau menanggapinya. Namun Google pernah mengajukan file untuk paten yang menggambarkan sebuah “smart-watch including flip up display” pada tahun 2011. Paten ini telah disetujui akhir tahun 2012 lalu. Benarkah pengembangan smartwatch tersebut? Kita tunggu saja. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : blogs.ft.com